Pengertian Renang Gaya Punggung dan Tekniknya

Pengertian renang gaya punggung dan tekniknya - Renang merupakan salah satu olahraga di air yang dapat menyehatkan tubuh. Hal itu karena pada saat berenang semua anggota tubuh ikut bergerak, sehingga olah raga ini termasuk olah raga yang kompleks untuk kesehatan semua anggota tubuh. Tetapi di dalam berenang kita harus memiliki keahlian, apabila tidak maka kita bisa tenggalam.

Teknik gaya dalam berenang bisa dilatih apabila anda ingin bisa berenang, macam-macam ggaya renang juga ada bermacam-macam. Anda bisa melatihnya sesuai tingkat kemampuan yang anda miliki. Untuk teknik dasar berenang yaitu bisa melayang di air atau mengapung. Apabila telah menguasai hal tersebut maka tidak akan sulit bagi kita untuk melatih gaya berenang. Dalam berenang ada beberapa macam gaya diantaranya yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Nah pada kesempatan kali ini lah kami akan membahas tentang pengertian renang gaya punggung dan tekniknya. Tahukah kamu apa itu renang gaya punggung? Mungkin diantara kamu ada yang sudah tahu tentang apa yang di maksud renang gaya punggung. Tetapi jika kamu belum tahu definisi renang gaya punggung atau arti renang gaya punggung maka anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.
Pengertian Renang Gaya Punggung dan Tekniknya

Pengertian Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung (back stroke) adalah gaya berenang dengan posisi menghadap ke permukaan air. Jadi, posisi wajah adalah menghadap ke atas, perenang mudah dalam mengambil napas, tetapi tidak dapat melihat ke depan. Gaya berenang dengan gaya bebas, namun dilakukan dengan posisi tubuh terlentang.

Sikap start berenang gaya punggung berbeda dengan gaya bebas, gaya kupu-kupu atau gaya dada yang dilakukan di atas blok star. Untuk perenang gaya punggung pada saat start dalam perlombaan dilakukan di dalam kolam. Saat start perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua tangan memegangi besi yang dijadikan pegangan di diinging kolam. Kedua lutu ditekuk diantara kedua tangan, kemudian kedua telapak kaki bertumpu pada dinding kolam.

Renang Gaya punggung merupakan gaya dalam berenang yang telah dikenal sejak zaman kuno Gaya punggung pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade Paris 1900. Renang gaya punggung adalah gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah renang gaya bebas.

Gaya punggung merupakan gaya paling digemari bagi perenang pertandingan maupun rekreasi. Dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa perenang-perenang pemula merasa lebih senang mempelajari gaya punggung daripada mempelajari gaya bebas, gaya dada, atau gaya kupu-kupu. Hal ini dikarenakan wajah perenang berada di atas permukaan air, sehingga mudah bernapas dan juga lebih mudah membuka mata. Penggunaan gaya punggung elementer selama berenang membutuhkan koordinasi yang baik antara ayunan tangan, ayunan kaki, serta sikap tubuh yang benar.

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Teknik dasar renang gaya punggung adalah prinsip-prinsip mekanis dalam renang gaya punggung. Teknik dasar berenang gaya punggung dibagi menjadi berikut ini:
  • Posisi badan
  • Gerakan kaki
  • Gerakan lengan
  • Gerakan pengambilan nafas
  • Koordinasi gerakan

Berikut ini adalah penjelasan dari pembagian teknik dasar renang gaya punggung tersebut:

1. Posisi badan
a. Teknik meluncur
Dilakukan ddengan cara mengambang dengan posisi badan menghadap ke atas (terlentang). Bagi pemula mungkin untuk melakukan posisi ini terasa sulit, karena takut apabila tenggelam. Justru dengan posisi inilah yang membuat kita bisa bernafas dengan leluasa hal  ini merupakan keunggulan dalam renang gaya punggung.

Cara latihan posisi meluncur dalam renang gaya punggung adalah sebagai berikut ini:
  • Kedua tangan memegang dinding tepi kolam
  • Kedua kaki ditekuk ke atas dengan menumpu dinding kolam secara kuat.
  • Kedua lutut posisinya berada diantara kedua lengan.
  • Pegangan dilepaskan kemudian kepala diluruskan ke belakang, pada saat itulah kedua kaki mendorong secara kuat agar tubuh terdorong kebelakang.
  • Posisi wajah tetap berada di atas permukaan air dan kedua lengan ada di sisi tubuh atau badan.
  • Lakukanlah cara tersebut berulang kali hingga dapat meluncur dengan sikap yang benar.

b. Bentuk-bentuk posisi badan meluncur
1.) Tahap persiapan
  • Terapung dengan terlentang dan kedua belah tangan berada di samping badan.
  • Ibu jari di tarik keatas menyusur ke samping tubuh.
  • Ibu jari menyentuh bahu.
  • Putarlah pergelangan tangan mengarah keluar.
2.) Tahap Pelaksanaan
  • Rentangkan lengan ke arah luar dan ke atas.
  • Luruskan lengan tingginya sama dengan bahu atau rata bahu.

3.) Tahap Lanjutan
  • Kedua lengan menempel di samping badan, rilekskan tubuh dengna merasakan luncuran.
  • Meluncur menggunakan pelampung, pegang pelampung dengan kedua tangan lurus di atas kepala.
  • Meluncur tanapa menggunakan pelampung, berdiri pada dinding kolam dengan possisi badan menghadap dinding, kemudian doronglah kedua kaki dan juga kedua lengan secara kuat ke belankang.

2. Gerakan Kaki
Pada renang gaya punggung teknik gerakan kaki pada intinya sama dengan renang gaya bebas, hanya saja dalam renang gaya punggung dilakukan dengan badan menghadap ke atas atau terlentang dengan menggerakan kedua kaki secara bergantian ke atas dan ke bawah.

3. Gerakan Lengan
Pada renang gaya punggung teknik gerakan lengan diagi menjadi 3 macam yaitu sebagai berikut ini:

  • Fase Menarik
Dalam renang gaya punggung gerakan menarik dilakukan sesudah telapak tangan masuk sekitar beberapa inchi dari permukaan air sampai mencapai titik maksimal tekukan siku atau posisi telapak tangan berada di samping luar bahu.

  • Fase Mendorong
Pada renang gaya punggung gerakan mendorong dilakukan ketika akhir tarikan tangan. Dalam melakukan gerakan tangan dengan mendorong ke belakang dan ke bawah.

  • Fase Istirahat
Diawali dari tangan keluar dari permukaan air dengan posisi ibu jari terlebih dahulu keluar. Sesudah tangan berada di atas bahu, (posisi lengan tegak lurus dengan bahu), maka tangan diputar keluar, setelah itu masuk pada permukaan air dengan posisi jari kelingking masuk lebih dahulu. Dalam proses istirahat ini harus dilakukan secara rileks seirama dengan lengan yang bergerak menarik dan mendorong.

4. Gerakan pengambilan nafas
Dalam renang gaya punggung gerakan pengambilan nafas lebih mudah daripada gaya renang bebas, gaya renang kupu-kupu, gaya renang dada atau gaya renang katak. Hal tersebut dikarenakan pada renang gaya punggung posisi tubuh saat berenang terlentang. Jadi dapat menghirup udara lebih leluasa. Dalam renang gaya ini gerakan mengambil nafas dilakukan pada saat fase istirahat dari salah satu lengan dan mengeluarkan nafas ketika istirahat dari lengan yang satunya.
Pengertian Renang Gaya Punggung dan Tekniknya

5. Koordinasi Gerakan
Dalam renang gaya punggung koordinasi gerakan yaitu rangkaian gerakan gaya punggung yang terpadu terdiri dari gerakan meluncur, dilanjutkan gerakan kaki, lalu gerakan lengan dan pernafasan sehingga bisa terbentuk renang gaya punggung secara benar.
Pengertian Renang Gaya Punggung dan Tekniknya

6. Start Renang Gaya Punggung
Dalam renang gaya punggung teknik start tidak sama dengan teknik renang gaya yang lainnya, sebab dalam renang gaya punggung posisi start dilakukan di dalam air. Untuk mengetahui cara startnya bisa menyimak penjelasan berikut ini.
Pengertian Renang Gaya Punggung dan Tekniknya

Teknik start gaya punggung adalah sebagai berikut ini:
  • Sebelum dimulai posisi tangan dan kaki menggantung.
  • Tarik kedua lengan sampai mendekati dinding kolam kemudian dilanjutkan dengan gerakan menolak.
  • Dalam waktu yang bersamaan saat kedua kaki ditolakkan, kedua tangan diayunkan dan posisi kepala menengadah.
  • Pada saat ayunan lengan bergerak membuka ke samping.
  • Sesudah kaki menolak, maka posisi lengan harus telah lurus.
  • Ketika badan atau tubuh masuk ke permukaan air, lentingkanlah tubuh sedemikian rupa.
  • Posisi badan atau tubuh meluncur di bawah permukaan air.

7. Pembalikan Renang Gaya Punggung
Dalam renang gaya punggung membalik dilakukan dengan cara setengah salto. Dibawah ini adalah teknik berbalik dalam renang gaya punggung.
Pengertian Renang Gaya Punggung dan Tekniknya

  • Tangan kiri menyentuh di dinding tepi kolam, kemudian lutut ditekuk dan ditarik.
  • Dengan banguan tarikan dari tangan, lutut diarahkan ke lengan yang ada di dinding kolam.
  • Dorongan tangan serta tarikan oleh lutut membentuk setengah salto mengantarkan kedua lengan berada pada dinding kolam.
  • Sesudah tiba pada dinding kolam, kedua lengan diluruskan ke bagian atas kepala.
  • Kaki ditolakkan secara serentak dengan meluruskan kedua lengan tangan.
  • Kemudian badan atau tubuh meluncur dari dinding kolam.

Itulah penjelasan singkat dari kami tentang Pengertian renang gaya punggung dan tekniknya, sekarang sudah tahu kan. Sekian dulu dari kami semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat, terimakasih.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait