Pengertian Elektroforesis

Pengertian ElektroforesisElektroforesis adalah/ Elektroforesis yaitu/ Elektroforesis merupakan/ yang dimaksud Elektroforesis/ arti Elektroforesis/ definisi Elektroforesis.
Pengertian Elektroforesis

Jika arus listrik dengan tegangan rendah dialirkan ke dalam dispersi koloid, maka partikel-partikel koloid bergerak menuju elektode positif atau negatif. Hal ini membuktikan bahwa partikel-partikel koloid dalam medium pendispersinya bermuatan listrik.
Proses yang terjadi seperti di atas, yaitu jika dua buah elektrode dari sumber arus listrik searah dicelupkan dalam koloid disebut elektroforesis. Elektroforesis adalah peristiwa pergerakan partikel koloid yang bermuatan ke salah satu elektrode.
Elektroforesis dapat digunakan untuk mendeteksi muatan partikel koloid. Jika partikel koloid berkumpul di elektrode positif berarti koloid bermuatan negatif. Jika partikel koloid berkumpul di elektrode negatif berarti koloid bermuatan positif.
Prinsip elektroforesis digunakan untuk memisahkan partikel dalam satu campuran. Misalnya, memisahkan partikel debu pada asap suatu industri dengan alat Cottrell. Partikel koloid yang berupa debu adengan alat in ditarik ke salah satu elektrode sehingga terpisah dari mediumnya, yaitu gas buangan. Hal tersebut menyebabkan gas terbuang di udara menjadi bersih dari partikel-partikel debu.
Demikian penjelasan yang bisa kami berikan tentang apa yang dimaksud Elektroforesis, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait