Pengertian Partikulat

Pengertian PartikulatPartikulat adalah/ Partikulat yaitu/ Partikulat merupakan/ yang dimaksud Partikulat/ arti Partikulat/ definisi Partikulat.

Partikulat yaitu suatu padatan atau cairan yang terdispersi dalam udara. Partikulat ini berasal dari asap buangan mesin-mesin industri, asap kendaraan bermotor, dan letusan gunung berapi. Partikulat yang paling berbahaya adalah partikulat logam timbal yang berasal dari asap kendaraan bermotor.
Partikulat logam lain yang membahayakan sebagai berikut.
- Hg (raksa) dalam bentuk metil merkuri merupakan sumber potulan paling berbahaya di udara dan menyebabkan gangguan pada penglihatan, pendengaran, mental, bahkan kematian. Logam merkuri ini berasal dari pembakaran batu bara dan hasil tambang lainnya.
- PB (timbal) berasal dari asap kendaraan bermotor. Adanya timbal dalam tubuh dapat menghalangi pembentukan hemoglobin dan menyebabkan gangguan kerja enzim.
- Ni (nikel) yang terdapat di udara berbentuk senyawa nikel, yaitu gabungan antara nikel dengan gas CO membentuk NiCO. Gas CO ini berasal dari pembakaran batu bara, bahan bakar disel, dan asap rokok. Polutan ini dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru.
- Cd (kadmium) dapat menyebabkan kerusakan pada hati, ginjal, kelenjar gondok, dan tulang. Sumber utama kadmium adalah pabrik keramik, industri kimia, tekstil, metalurgi, dan reaktor atom.
Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang apa yang dimaksud Partikulat, semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait