Pengertian Rasio Retabilitas

Pengertian Rasio RetabilitasRasio Retabilitas adalah/ Rasio Retabilitas yaitu/ Rasio Retabilitas merupakan/ yang dimaksud Rasio Retabilitas/ arti Rasio Retabilitas/ definisi Rasio Retabilitas.
Pengertian Rasio Retabilitas

Rasio Retabilitas atau profitabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menciptakan keuntungan (profit) dan tingkat keefektifitasannya selama periode tertentu. Rentabilitas dibedakan menjadi rentabilitas modal sendiri dihitung dari laba yang disediakan bagi pemilik berbanding dengan modal sendiri, sedangkan rentabilitas perusahaan dihitung dari laba perusahaan berbanding dengan jumlah modal yang digunakan. pengukuran keuntungan yang dicapai perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, antara lain menggunakan rasio ekonomi dan rentabilitas modal sendiri. Faktor-faktor yang memengaruhi rentabilitas perusahaan antara lain:
- Volume penjualan.
- Efisiensi manajemen terutama dalam hal menekan besar biaya.
- Produktivitas tenaga.
- Biaya modal.
Rasio profabilitas yaitu rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba atau keuntungan. Profitabilitas suatu perusahaan mewujudkan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba. Rasio ini meliputi:
- Gross grofit margin (margin laba kotor).
- Net profit margin (margin laba bersih).
- Earning power of total investment.
- Return of equity (pengembalian atas ekuitas).
Demikian penjelasan yang dapat kami bagikan tentang apa yang dimaksud Rasio Retabilitas, semoga bisa memberikan manfaat kepada anda.

Artikel Terkait