Struktur Teks Eksplanasi

Dalam sebuah teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi bisa disebut sebagai kerangka penyusun semua uraian yang terdapat dalam teks eksplanas. Unsur inilah yang mempunyai tanggung jawab sebagaimana sebuah strukur terhadap semua rangkaian teks sehingga bisa layak disebut teks eksplanasi. Sebuah teks bisa dikatakan teks eksplanasi atau bukan bisa dilihat dari strukturnya. Karena itulah struktur teks eksplanasi bisa menjadi ciri khas yang yang melekat pada teks eksplanasi untuk mengenali sebuah teks eksplanasi. Sebuah teks eksplanasi disusun/ dirangkai berdasarkan pola yang sudah ditetapkan berdasarkan struktur teks eksplanasi, maka dari itulah pengetahuan tentang teks eksplanasi ini menjadi penting. Dalam menyusun teks eksplanasi anda perlu menerapkan struktur teks eksplanasi ke dalam teks supaya anda bisa membuat uraian teks eksplanasi yang baik dan benar. Untuk itu dalam blog ini kami akan menguraikan secara rinci tentang struktur dari teks eksplanasi.

Struktur Teks Eksplanasi

Dalam sebuah teks eksplanasi terdapat struktur yang menyusunnya yang terdiri atas 3 bagian utama yang tersusun secara logis, runut dan hierarki, mulai dari awal hingga akhir. Maksudnya sudah menjadi aturan tetap dalam struktur tersebut kalau bagian yang satu tidak diperbolehkan untuk ditukar ke bagian yang lainnya. Kalau hal tersebut terjadi, maka teks tersebut tidak bisa disebut teks eksplanasi. Bagian-bagian yang dimaksud dalam struktur teks eksplanasi yaitu terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelasan, dan penutup. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini.
- Pertanyataan Umum
Pernyataan umum dalam teks eksplanasi bisa disebut juga sebagai bagian pembuka dalam sebuah teks. Fungsi dari bagian ini yaitu untuk memberikan gambaran awal dari kejadian/ fenomena yang diceritakan melalui teks eksplanasi tersebut. Umumnya gambaran yang dimaksud menjelaskan/ mendefinisikan mengenai fenomena yang akan dibahas. Bahasa yang digunakan untuk menceritakan harus bersifat menarik, jelas, dan ringkas, tujuannya supaya pembaca tertarik untuk membaca sampai akhir.
- Deretan Penjelasan
Bagian Deretan Penjelasan merupakan isi dari sebuah teks eksplanasi yang membahas secara rinci mengenai penyebab terjadinya atau proses keberadaan sebuah fenomena. Tujuan dari bagian ini yaitu bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan “bagaimana” yang jawabannya bisa menjelaskan mengenai proses terjadinya sebuah fenomena.
- Penutup
Dalam teks eksplanasi bagian penutupnya berbentuk interpretasi yang isinya berupa tanggapan, pernyataan, atau kesimpulan mengenai proses/ topik dari sebuah fenomena yang dibahas. Tetapi, bagian ini bersifat pilihan (opsional) maksudnya yaitu tidak menjadi sebuah keharusan dimasukkan pada uraian teks eksplanasi.
Supaya anda lebih memahami tentang materi ini, baca materi sebelumnya yaitu tentang pengertian teks eksplanasi.  Kami berharap supaya kalian semua bisa memahaminya dengan baik pengertian teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi yang kami sampaikan dalam blog ini.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang Struktur Teks Eksplanasi, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait