Pengertian Pengukuran Dalam Fisika

Pengertian Pengukuran Dalam Fisika - Istilah pengukuran pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Pengertian tentang pengukuran banyak sekali dibahas dalam ilmu fisika. Tetapi dalam kehidupan sehari-haripun sering melibatkan pengukuran, sebagai contoh seorang tukang jahit, tentunya memerlukan pengukura kain sebelum menjahitnya menjadi pakaian. Contoh lainnya, seorang tukang bangunan juga memerlukan pengukuran. Sebelum membangun tentunya seorang tukang bangunan akan mengukur tanah yang akan didirikan bangunan. Itu hanya beberapa contoh saja dan pastinya masih banyak lagi contoh pengukuran yang ada di sekeliling kita. Intinya pengukuran merupakan sesuatu yang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.
Pengertian Pengukuran Dalam Fisika

Lalu apa yang dimaksud dengan pengukuran itu? Disadari atau tidak disadari kalau pengukuran itu mempunyai peranan penting dalam berkembanya ilmu pengetahuan. Materi pengukuran dalam pelajaran fisika menempati satu bab khusus yang di ajarkan di sekolahan. Dalam pembahasan ini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud pengukuran itu secara rinci.

Pengertian Pengukuran

Sebetulnya untuk mengetahui pengertian dari pengukuran sangatlah mudah. Di kehidupan sehari-hari yang kita jalani ini, mungkin anda pernah melihat atau bahkan melakukan pengukuran. Pada saat anda membeli beras, tentunya beras yang akan anda beli akan ditimbang dahulu supaya mengetahui berat massanya. Penimbangan beras itu menunjukkan kalau penjual beras sedang melakukan proses pengukuran berat massa beras yang akan anda beli. Sudah sedikit tahu kan gambaran pengukuran lalu apa sebenarnya pengertian pengukuran itu? pengertian pengukuran dalam fisika adalah:
Pengertian Pengukuran yaitu membandingkan suatu besaran yang kita ukur memakai besaran sejenis yang telah ditetapkan sebagai satuan.
Pada saat beras diukur massanya oleh penjual beras, itu artinya penjual itu membandingkan antara nilai besaran massa dengan satuan massa yang telah menjadi ketetapan. Satuan massa tersebut bisa berupa gram atau kilogram. Nilai satuan diperoleh dengan menggunakan alat pengukuran seperti timbangan. 

Macam macam pengukuran

Setelah mempelajari pengertian pengkuruan tentunya kita akan bertanya-tanya “sebutkan macam-macam pengkuruan?”. Di dalam banyak referensi memang banyak kita jumpai beberapa macam penkuran, yang pengukuran tersebut dapat dipraktekkan untuk melakukan suatu pengukuran. Dalam pengkukuran terkadang terdapat jenis pengkukuran yang hanya dapat dilakukan dengan satu cara, dan tidak dapat dilakukan dengan cara yang lainnya. Lalu apa sajakah macam-macam pengukuran itu?
Pengukuran dibagi menjadi 2 macam yaitu
- Pengukuran tunggal
- Pengukuran berulang
Pengukuran tunggal yaitu pengukuran yang hanya dilakukan sekali saja. Sedangkan pengukuran berulang yaitu pengukuran yang dilakukan berulang-ulang kali.
Pengukuran tunggal umumnya dilakukan apabila besaran yang diukur tidak berubah-ubah sehingga hasilnya dianggap cukup akurat. Sebagai contoh pengukuran tunggal yaitu mengukur panjang pensil. Selain itu pengukuran tunggal terjadi jika kesempatan pengukurannya hanya sekali saja. Pengukuran berulang biasanya dilakukan untuk pengukuran seperti mengukur diameter kelereng yang sering kali berbeda apabila diukur pada bagian yang berbeda.
Itulah sedkikt penjelasan yang bisa kami berikan tentang  Pengertian Pengukuran Dalam Fisika, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait