Pengertian Hikayat dan Unsur-unsurnya

Pengertian Hikayat dan Unsur-unsurnya - Hikayat adalah sebuah karya sastra klasik yang menceritakan secara lengkap mengenai kesaktian, kekuatan dan mukjizat. Hikayat mempunyai unsur-unsur yaitu tema, penokohan, alur, latar, sudut pandang dan amanat. Tujuan mengetahui unsur-unsur hikayat yaitu untuk mengetahui kalau kita sudah mengerti mengenai hikayat yang sudah kita baca dan juga dijadikan sebagai pembelajaran agar lebih mudah memahami tetang hikayat tersebut. Nah apa sajakah unsur-unsur hikayat tersebut, berikut ini adalah unsur-unsur hikayat.
Pengertian Hikayat dan Unsur-unsurnya

Unsur-Unsur Hikayat

Berikut ini adalah Unsur-unsur hikayat:
Hikayat, sebagai prosa narasi dibentuk oleh unsur-unsur seperti tema, alur, penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat.

- Tema adalah ide dasar atau inti suatu cerita. Dengan ide dasar lah sebuah cerita bisa dibangun seorang pengarang dengan memanfatkan usnurunsur intrinsik seperti Alur, penokohan, dan latar.

- Alur (plot) Adalah jalan cerita yang merupakan sebuah pola pengembangan cerita yang dapat terbentuk dengan adanya hubungan sebab-akibat. Jalan cerita secara umum terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut: Exposition/ pengenalan situasi cerita, Complication/ pengungkapan peristiwa, rising action/ adanya konflik, turning point/ puncak konflik, ending/ penyelesaian.

- Penokohan adalah cara seorang pengarang menggambarkan serta mengembangkan karakter tokoh yang terdapat dalam sebuah cerita. Pengarang dalam menggambarkan karakter tokoh bisa memakai teknik berikut ini.
  • Teknik analitik yaitu secara langsung karakter tokoh diceritakan oleh pengarang.
  • Teknik dramatik, karakter tokoh dikemukakan lewat.
  1. Penggambaran perilaku dan fisi tokoh.
  2. Penggambaran tata kebahasaan tokoh.
  3. Penggambaran lingkungan kehidupan tokoh.
  4. Penggambaran oleh tokoh lain.
  5. Pengungkapan jalan pikiran tokoh.

- Latar (setting) adalah tempat, waktu serta suasana berjalannya sebuah cerita. Sifat latar dapat bersifat faktual dan imajiner.

- Sudut pandang (point of view) yaitu posisi seorang pengarang dalam membawakan cerita. Sudut pandang terdiri atas 2 macam:
  • Sebagai orang pertama, yaitu tokoh yang terlihat dalam cerita.
  • Sebagai orang ketiga, yaitu sebagai pengamat.

- Amanat adalah sebuah ajaran moral berisi pesan yang disampaikan seorang pengarang kepada pembaca. Biasanya amanat tersembunyi dan tersimpan rapat dalam keseluruhan isi cerita. Karena itulah, untuk mengatahui amanat dalam cerita tidak cukup kalau membaca 2 atau 3 paragraf saja tetapi harus dibaca samapai selesai.

Semoga penjelasan yang kami berikan tentang Pengertian Hikayat dan Unsur-unsurnya dapat membarikan manfaat.

Artikel Terkait