Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli - Pada saat kita sekolah di waktu upacara tentunya sering kita dengar Pancasila. Namun tahukah kamu apa itu pancasila dan kenapa bisa disebut pancasila. Untuk anda yang sering dengar panca sila namun belum mengetahui perngertian panca sila, maka anda dapat menyimak penjelasan yang akan kami berikan dalam artikel kali ini yaitu tentang Pengertian pancasila secara umum dan menurut para ahli.

Pengertian Pancasila Secara Umum

Kata “Pancasila” dilihat dari asal usulnya berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari 2 suku kata yaitu panca dan syila. Arti kata panca yaitu lima sedangkan arti kata syila yaitu huruf yang dibaca pendek memiliki arti dasar, satu sendi, asas, atau alat. Dan kata Syila dalam pengucapan i yang panjang (syi:la) artinya peraturan tentang tingkah laku yang baik, yang penting atau utama. Sehingga Pancasila bisa diartikan berlaku sendi, lima. Atau pelaksanaan lima kesusilaan, atau lima tingkah laku utama.

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Di bawah ini adalah pendapat dari para ahli tentang pengertian Pancasila, beerikut ini penjelasan selengkapnya.
Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli

- Notonegoro
Pengertian pancasila menurut Notonegoro yaitu dasar falsafah negara Indonesia, sehingga pancasila bisa diartikan sebagai kesimpulan kalau pancasila adalah dasar falsafah serta ideologi negara yang bisa diharapkan menjadi sebuah pandangan hidup bangsa Indonesia, yaitu sebagai lambang persatuan dan kesatuan, sebagai dasar pemersatu bangsa, dan juga sebagai bagian dari pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

- Ir. Soekarno
Pengertian Pancasila  menurut Ir. Soekarno adalah pancasila merupakan isi jiwa bangsa indonesia secara turun temurun yang telah lama terpendam sekian abad bisu oleh kebudayaan barat. Sehingga pancasila tidak hanya falsafat negara, namun bisa diartikan lebih luas lagi yaitu falsafah dan bangsa Indonesia.

- Muhammad Yamin
Pengertian pancasila Menurut Muhammad Yamin bermula dari kata panca yang artinya lima dan sila yang artinya dasar, sendi, asas, peraturan tingkah laku yang baik dan yang penting. Dengan begitu, pancasila adalah lima dasar yang isinya adalah aturan atau pedoman mengenai tingkah laku yang baik dan yang penting.

Itulah informasi tentang Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Semoga apa yang dapat kami berikan di atas dapat bermanfaat.

Artikel Terkait