Pengertian dan Jenis jenis Tindakan Sosial

Pengertian dan Jenis jenis Tindakan Sosial - Pengertian Tindakan Sosial didefinisikan oleh berbagai ahli. Dalam tindakan sosial terdapat 4 jenis yang dikemukakan oleh Max Weber (George Ritzer, 1992) yaitu terdiri dari Zwerk Rational, Werk Rational, Affectual Action dan Traditional Action. Pada jenis-jenis tersebut antara satu dengan yang lainnya tidak sama dan mempunyai contoh-contoh dalam tindakan sosial. Para ahli yang mengemukakan pengrtian tindakan sosial diantaranya yaitu Max Weber, Emile Durkhiem dan Karl Max. Agar lebih jelas penjelasan mengenai Pengertian Tindakan Sosial menurut pandangan ahli dan juga jenis tindakan sosial, berikut ini penjelasan secara lengkapnya.
Pengertian dan Jenis jenis Tindakan Sosial

Pengertian tindakan sosial menurut para ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian tindakan sosial menurut beberapa ahli:
  1. Pengertian tindakan sosial menurut Max Weber adalah sebagai tindakan manusia yang bisa memberikan pengaruh kepada individu lain dalam masyarakat.
  2. Pengertian tindakan sosial menurut Emile Durkheim adalah sebagai suatu perilaku manusia yang diarahkan oleh norma-norma serta tipe solidaritas golongan tempat diamana dia tinggal.
  3. pengertian tindakan sosial menurut Karl Marx yaitu sebagai suatu aktivitas manusia yang mencoba sesuatu yang unik atau berusaha menghasilkan suatu barang untuk mencapai tujuan tertentu.

Jenis jenis tindakan sosial dan contohnya

Seorang manusia bertindak karena didorong dengan tujuan tertentu. Karena perbedaan tujuanlah maka dapat melhirkan tindakan sosial yang beragam. Max Weber (George Ritzer, 1992) mengelompokan tindakan sosial ke dalam 4 jenis berikut ini.

1. Zwerk Rational (Tindakan Rasiorinalitas Instrumental)
Tindakan yang dilakukan sesudah melakukan pertimbangan secara matang tentang tujuan serta cara yang akan dilalui untuk menggapai tujuannya. Jadi Zwerk Rational dieratkan dengan tindakan yang diarahkan secara rasional untuk menggapai suatu tujuan tertentu.

Contohnya:
  • Lukman memutuskan untuk belajar materi matemmatika yang akan diujikan besok pagi dari pada dia menonton aksi jackie chan di TV.
  • Pak Ahmad membeli sepeda motor supaya dia bisa sampai kantor lebih awal.

2. Werk Rational (Tindakan Rasionalitas Nilai)
Jenis tindakan sosial ini hampir sama dengan jenis tindakan rasionalitas instrumental. Namun dalam Werk Rational ini tindakan sosial ditentukan berdasarkan pertimbangan atas dasar keyakinan setiap individu pada nilai-nilai etis, estetis, serta keagamaan.

Contohnya:
  • Seseorang melakukan puasa sekian hari untuk memperoleh berkah sesuai dengan kepercayaan/ atau keyakinan agamanya.
  • Seorang anak muda memberikan tempat duduknya kepada kakek sebab dia berkeyakinan etis kalau anak muda itu harus menghormati orang tua.

3. Affectual Action (Tindakan yang Dipengaruhi Emosi)
Tindakan sosial Affectual Action dipengaruhi adanya perasaan atau emosi.

Contohnya:
  • Hubungan cinta kasih antara 2 remaja yang sedang asmara.
  • Hubungan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.

4. Traditional Action (Tindakan karena Kebiasaan)
Tindakan sosial dilakukan karena mengikuti kebiasaan atau tradisi yang telah baku (kebiasaan yang sudah rutin dilakunan).

Contohnya:
  • Pada saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri tradisi mudik banyak dilakukan oleh banyak orang meskipun dia harus bersusah payah dalam mewujudkan pulang kampung.
  • Peringatan mitoni
  • Peringatan hari kelahiran
  • Kegiatan tradisi upacara yang sudah dilakukan oleh nenek moyang sejak dahulu.

Baca juga artikel tentang: Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Itulah penjelasan dari kami tentang Pengertian dan Jenis jenis Tindakan Sosial. Semoga apa yang kami jelaskan di atas dapat bermanfaat.

Artikel Terkait