--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kelompok dan Jenis jenis Kelompok

Pengertian Kelompok dan Jenis jenis Kelompok - Seringkali istilah kelompok penggunaannya disamakan dengan istilah krumunan dan kategori, yang sebenarnya mempunyai pengertian yang tidak sama. Kerumunan yaitu kumpulan orang yang sifatnya sementara yang mungkin melakukan interaksi atau tidak samma sekali. Misalnya, kumpulan orang yang sama-sama mmelihat kecelakaan lalulintas itu merupakan kerumunan. Mungkin diantara mereka ada yang saling berinteraksi, tetapi ada juga yang tidak berinteraksi. Lebih jelasnya yaiu kalau kumpulan itu sifatnya sementara, setelah koraban dibawa ke rumah sakit maka kumpulan akan bubar. Sedangkan kategori merujuk pada orang-orang yang mempunyai kedudukan sama, sebagai contoh remaja muslim, pemilik rumah, dan wanita. Kategori bukanlah kelompok sebab orang yang ada di dalam sebuah kategori belum pasti saling mengenal satu dengan yang lainnya. Jadi Kelompok adalah sejumlah orang yang memmpunyai nilai, norma serta harapan yang sama, yang saling berinteraksi secara teratur dan sengaja.

Pengertian Kelompok dan Jenis jenis Kelompok

Pengertian Kelompok dan Jenis Jenis Kelompok

Pengertian Kelompok

Kelompok yaitu orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama serta mempunyai landasan-landasan interaksi yang samma pula. Mereka ada dalam satu ikatan bersama karena adanya serangkaian hubungan sosial yang khas. Sebuah kelompok bisa terorganisasi secara ketat dan jangka panjang, tetapi juga bisa bersifat sementara dan cair. Suatu kelompok bisa terdiri dari 2 orang (dyadlduo), 3 orang (tryadltrio), 4 orang (kwartet), dan seterusnya hingga puluhan bahkan ribuan orang.

Apabila suatu kelompok semakin banyak anggotanya, maka semakin kecil pula interaksi sosial antar sesama anggotanya. Begitu sebaliknya, apabila apabila anggota suatu kelompok semakin sedikit atau kecil, maka kesempatan untuk terjadi interaksi sosial antar sesama anggota kelompok akan lebih besar.

Jenis-jenis Kelompok

Menurut julah anggota, tujuann, sifat hubungan serta tujuan kelompok, maka kelompok dalam masyarakat dibagi menjadi:

1. Kelompok primer

Kelompok primer adalah kelompok yang mempunyai jumlah anggota sedikit, meskipun tidak setiap kelompok yang mempunyai anggota sedikit adalah kelompok primer. Tetapi hubungan antar anggota sifatnya adalah personal yaitu secara pribadi saling mengenal dan mendalam yang disertai dengan adanya kerja sama. Kelompok primer sering bertatap muka dalam waktu yang lama, sehinga terbangunlah keterlibatan perasaan secara mendalam.

Tujuan kelompok primer adalah untuk membangun hubungan personal itu sendiri. Meskipun terkadang ada masalah, tetapi tiap-tiap anggota kelompok primer menunjukan perhatian yang tulus pada kesejahteraan antar sesama anggota. Jadi hubungan dalam kelompok primer sifatnya adaalh informal, personal, akrab, serta total.

Contoh kelompok primer:

  • Keluarga
  • Sepertmainan
  • Kelompok teman.

2. Kelompok sekunder

Kelompok sekunder adalah suatu kelompok yang mempunyai jumlah anggota yang banyak. Hubungan antar anggota yang tejalin sifatnya adalah impersonal, maksudnya yaitu antara anggota tidak saling mengenal secara pribadi. Kelompok sekunder lebih diwarnai dengan adanya kompetisi, serta jarang bertatap muka dalam waktu lama, sehingga dalam kelompok sekunder tidak terbangun hubungan yang emosional. Dalam kelompok sekunder hubungan lebih bersifat fungsional, maksudnya yaitu seorang anggota bukan dilihat dari “siapanya” tetapi lebih dilihat dari “apa kegunaannya” untuk tujuan yang akan dicapai kelompok.

Tujuan kelompok sekunder adalah untuk menggapai suatu tujuan tertentu, sehingga kelompok lebih berperan sebagai sarana bukanlah sebagai tujuan. Hubungan dlam kelompok sekunder sifatnya adalah formal, parsial, impersonal, serta didasarkan pada kemanfaatan kelompok.

Contoh kelompok sekunder:

  • Sekolah
  • Universitas
  • Organisasi buruh,
  • dan lain-lain.
Pengertian Kelompok dan Jenis jenis Kelompok

Sedangkan, menurut cara pandang seorang pada berbagai kelompok yang melingkupi kehidupannya, maka kelompok dibagi menjadi:

1. In-group

Seluruh kelompok yang mana seorang meerasa menjadi anggotanya serta mengharap pertolongan, pengakuan dan kesetiaan.

2. Out-group

Seluruh kelompok yang mana seorang merasa bukan anggtanya serta mungkin akan menunjukan kompetisi damai, permusuhan atau hanya menunjukan perbedaan.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Kelompok dan Jenis jenis Kelompok, semoga dapat bermanfaat. Sekarang sudah mengertikan tentang Pengertian kelompok.