Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Pengertian Nilai menurut para ahli - Mendengar istilah nilai mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, namun tahukah kamu apa yang dimaksud dengan nilai?. Ada banyak ahli yang sudah mendefinisikan pengertian nilai tersebut. Dalam keseharian kita nilai sangatlah penting karena menjadi tujuan kita sehari-hari terutama bagi seorang pelajar. Bagi pelajar nilai merupakan alat ukur untuk mengetahui kepintaran seseorang.

Pengrtian Nilai adalah suatu konsep yang menunjuk pada suatu hal yang dianggap berharga dalam kehidupan. Sesuatu dikatakan berharga karena baik, pantas, benar dan indah. Karena itulah seringkali nilai dipahami sebagai suatu hal yang dianggap baik, benar, pantas dan indah. Demikian juga sebaliknya hal-hal yang tidak pantas, buruk, salah dan tidak indah dianggap sebagai sesuatu yang tidak bernilai. Sebagai contoh: kejujuran adalah nilai, sebab dianggap sebagai suatu sikap yang benar. kecantikan adalah nilai, sebab dianggap sebagai suatu hal yang indah. ketekunan adalah nilai, sebab dianggap sebagai suatu sikap yang baik. Dalam ilmu sosialogi, terdapat beberapa pengertian tentang nilai yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut ini adalah beberapa pengertian nilai menurut para ahli tersebut.
Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Pengertian nilai menurut para ahli dan tahunnya

  • Menurut Antony Giddens, 1995: Nilai adalah suatu gagasan yang dimiliki seseorang maupun kelompok mengenai apa yang layak, apa yang dikehendaki, serta apa yang baik dan buruk.
  • Menurut Horton & Hunt, 1987: Nilai adalah suatu gagasan mengenai apakah suatu tindakan itu penting ataukah tidak penting.
  • Menurut Richard T. Schaefer dan Robert P.Lmm, 1998: Nilai adalah suatu gagasan bersama-sama (kolektif) mengenai apa yang dianggap penting, baik, layak dan diinginkan. Sekaligus mengenai yang dianggap tidak penting, tidak baik, tidak layak dan tidak diinginkan dalam hal kebudayaan. Nilai merujuk kepada suatu hal yang dianggap penting pada kehidupan manusia, baik itu sebagai individu ataupun sebagai anggota masyarakat.

Dari beberapa pengertian nilai menurut ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengertian nilai adalah konsepsi abstrak dalam diri manusia tentang apa yangdianggap dan dan tidak baik. Sebagai contoh: tindakan menolong dianggap bernilai baik sedangkan tindakan mencuru dianggap bernilai tidak baik.

Demikian apa yang dapat kami bagikan tentang Pengertian Nilai menurut para ahli, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait