Pengertian cerita rakyat dan jenis jenisnya

Pengertian cerita rakyat dan jenis jenisnya - Cerita rakyat mempunyai jenis-jenis atau macam-macamm. Namun tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan cerita rakyat? Cerita rakyat adalah cerita yang hidup dan berkembang di kalangan masyarakat. Cerita rakyat secara turun-temurun berkembang dan disampaikan secara lisan. Oleh sebab itu cerita rakyat sering kali disebut sastra lisan. Cerita rakyat pada umumnya pengarangnya tidak dikenal atau bersifat anonim. Jenis-jenis cerita legenda (asal-usul), cerita binatang, cerita jenaka, cerita pelipur lara. Untuk lebih jelasnya tentang jenis-jenis cerita rakyat dan contohnya, silahkan simak penjelasannya berikut ini. 

1. Cerita Asal-Usul (Legenda)

Cerita asal-usul secara garis besar dibagi dalam 3 jenis yaitu:
a). Cerita Asal-Usul Binatang
Contohnya :
  • Warna darah ikan mas seperti darah manusia karena asal usul ikan mas adalah manusia.
  • Sapi bergelambir karena ketika sapi mandi, baju sapi tertukar dengan baju kerbau yang lebih besar.

b). Cerita Asal-Usul Dunia Tumbuh-tumbuhan
Contohnya:
  • Pohon mata lembu tampak rusak kulitnya dikarenakan menyaksikan pertarungan pohon gadung dan pohon jagung yang terlalu dekat.
  • Tandan jagung ada lubangnya dikarenakan ditombak pohon gandung.
  • Gandun beracun dikarenakan dipanah pohon jagung dengan anak panah yang beracun.
  • Padi berasal dari Dewi Sri.

c). Cerita Asal-usul terjadinya konon tempat
Contohnya :
  • Konon Gunung Tangkuban Perahu yang ada di bandung utara asal usulnya dari prahu sangkuriang. Sebab sangkuriang murka, kemudian perahu tersebut ditendang sampai terbalik dan berubah menjadi gunung lalu gunung tersebut dikenal dengan gunung tangkuban perahu.
  • Konon gnung tengger diambil dari sepasang suami istri yang namanya Rar Anteng dan Joko Seger.

2. Cerita Binatang

Fabel atau cerita binatang adalah cerita yang tokoh-tokohnya binatang yang mempunyai peran seperti manusia. Binatang-binatang tersebutbisa berbicara, bisa makan, minu serta berkeluarga sebagaimana seperti manusia. Dengan beggitu, bisa dipahami kalau fabel tidak semata-amta sebagai cerita binatang akan tetapi merupakan metamorfosis kehidupan manusia. Maksud penggambaran dengan binatang yaitu agar kisah tidak menyinggung orang yang membaca atau mendengarnya.

3. Cerita Jenaka

Cerita rakyat lainnya yang terkanal yaitu ceita jenaka, contohnya seperti cerita lebai malang, pak belalang. Gambaran dari cerita lebai malang yaitu orang yang berperilaku serakah justru tidak akan mendapatkan apa-apa.

4. Cerita Pelipur Lara

Cerita penglipur lara merupakan cerita yang fungsinya untuk menghibur hati. Pada cerita ini, dikisahkan hal-hal yang indah, penuh impian yang menawan, dan penuhfantasi. Contohnya cerita tentang kehidupan di istana, putri yang cantik, senjata keramat dan sakti, keajaiban-keajaiban dan hal yang lain yang menceritakan kebahagiaan dan keindahan.
Pengertian cerita rakyat dan jenis jenisnya
(Ilustrasi gambar Lebai Malang)

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Cerita Rakyat dan Jenis-Jenisnya. Semoga dapat artikel dari blog temukan pengertian ini memberikan manfaat untuk anda.

Artikel Terkait