Pengertian Danau dan Jenis Jenisnya

Pengertian Danau dan Jenis Jenisnya - Danau adalah cekungan yang berada di permukaan bumi yang cukup luas yang tergenangi air. Supaya bisa lebih jelas pemahaman seperti apa danau kita perlu tahu ciri-ciri danau. Ciri ciri danau yaitu airnya cukup dalam, di bagian tepi tumbuh tumbuhan air, di permukaan air sudah terdapat gelombang, pada umumnya permukaan air danau lebih tinggi dari pada permukaan air laut. Danau juga sperti halnya sungai yang mempunyai jenis atau macam. Jenis-jenis danau diantaranya yaitu danau vulkanik, danau tektonik, danau karst, danau bendungan. Semua jenis-jenis danau tersebut proses terbentuknya berbeda-beda. Untuk lebih mengetahui seperti apa jenis-jenis danau dan proses terbentuknya silahkan lihat penjelasannya berikut ini.

Jenis-jenis danau berdasarkan proses terjadinya dan contohnya adalah sebagai berikut.
1. Danau Vulkanik adalah danau yang terbentuk karena adanya letusan gunung api yang ditimbulkan kawah luas di pucuk gunung api. Kemudian kawah tersebut terisi oleh air hujan, maka terbentuklah sebuah danau.

Contoh danau vulkanik adalah danau kawah Gunung Batur dan danau kawah Gunung Kelud.

2. Danau tektonik adalah danau yang terjadi karena adanya gerak tektonik (gesernya lapisan kulit bumi) yang dapat menimmbulkan cekungan di permukaan kulit bumi. Cekungan tersebut kemudian terisi oleh air hujan atau terisi oleh aliran sungai yang terbendung, maka terbentuklah danau tektonik.

Contoh danau tektonik adalah Danau Singkarak, Danau Toba, Danau Tondano, Danau Poso, Danau Maninjau, Danau Tempe.

3. Danau karst adalah danau yang terjadi karena proses pelarutan terhadap batuan kapur oleh air hujan yang lama kelamaan dapat membentuk cekungan akhirnya terbentuklah danau. Terbentuknya danau kapur ini terjadi di daerah kapur. Danau kapur yang tidak begitu luas disebut dengan dolina atau lokva. Beberapa danau kapur dolina atau lokva ini bisa berkembang menjadi danau kapur yang lebih besar berbentuk seperti piring disebut dengan uvala.

Contoh danau karst/ danau kapur banyak di jumpai di selatan pulau Jawa yaitu di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

4. Danau bendungan adalah danau yang terbentuk karena di daerah aliran sungai dibendung, biak itu secara alami ataupun buatan. Danau bendungan alami terjadi pada sebuah aliran sungai yang terbendung oleh hasil letusan gunung api. Contoh danau bendungan alami yaitu danau laut tawar di Aceh Tengah. Danau bendungan buatan manusia yaitu danau yang dibuat oleh manusia dengan cara membendung suatu aliran sungai. Contoh danau buatan yaitu Waduk Karang ates dan Waduk Selorejo di Jawa Timur, Waduk Sempor, Waduk Cacaan di Jawa Tengah, Waduk Jatiluhur, Waduk Saguling, dan Waduk Citra di Jawa Barat.
Pengertian Danau dan Jenis Jenisnya
(Danau)

Demikian pembahasan kali ini tentang Pengertian Danau dan Jenis Jenisnya. Semoga penjelasan dari blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat buat kita semua.

Artikel Terkait