Pengertian Pantai dan Pesisir beserta Perbedaannya

Pengertian Pantai dan Pesisir beserta Perbedaannya - Mungkin anda pernah menjumpai pertanyaan jelaskan pengertian pantai pesisir dan laut? Nah dalam artikel inilah anda bisa menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Pantai dan pesisir adalah 2 istilah yang tidak sama namun keduanya saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan sebab sama-sama ada hubungannya dengan laut, sehingga banyak orang yang tidak dapat membedakan mana yang daerah pantai dan mana yang daerah pesisir. Lalu apa pengertian pantai? Dan apa pengertian pesisir? Dengan kita mmengetahui pengertian pantai dan pesisir maka kita akan dengan mudah menyimpulkan perbedaan pantai dan pesisir. Untuk mengetahui semua itu berikut ini penjelasan tentang Pengertian Pantai dan Pesisir Laut.
Pengertian Pantai dan Pesisir beserta Perbedaannya

Pengertian Pantai dan Pesisir Laut
Pengertian pantai adalah wilayah daratan yang paling dengan laut. Perbatasan antara daratan dan laut seakan-akan membentuk sebuah garis yang disebut dengan garis pantai. Di setiap tempat keadaan maupun bentuk pantai berbeda-beda. Sedangkan pengertian pesisir adalah wilayah permukaan bumi yang leetaknya diantara pasang naik dan pasang surut. Ketika waktu pasang naik, pesisir akan tertutupi air laut dan ketika pasang surut akan terlihat daratan. Karena itulah pesisir sama panjangnya dengan pantai.

Perbedaan Pantai dan Pesisir
Apakah perbedaan pantai dan pesisir? Apabila pada penjelasan diatas dikatakan kalau pesisir mempunyai panjang yang sama dengan pantai namun lebar pesisir tidak sama untuk semua pantai, karena tergantung dari jenis pantainya. Di pantai yang sangat landai lebar pesisir bisa sampai berpuluh-puluh meter dan pada waktu surut, pesisir terlihat terbentang memanjang sepanjang pantai dan menjadi bentangan pasir yang terlihat indah sehingga bisa menjadi sebuah objek wisata. Di pantai yang curam lebar pesisir sempit sebab pada saat pasang naik, air laut akan tertahan dinding-dinding pantai hal itu akan membuat tidak bisa mengalir jauh ke daratan.

Demikian penjelasan dari kami mengenai Pengertian Pantai dan Pesisir beserta Perbedaannya. Semoga penjelasan tersebut dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait