Pengertian Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif Beserta Contohnya

Pengertian paragraf deduktif dan paragraf induktif beserta contohnya - Deduktif dan induktif adalah 2 jenis paragraf yang tujuannya mencari kalimat utama. Dalam pembahasan kali ini kami akan menguraikan tentang pengertian paragraf deduktif dan paragraf induktif dan contohnya. Dengan mengetahui pengertian beserta contohnya maka akan dapat diketahui perbedaan dari paragraf deduktif dan paragraf induktif. Untuk itu bagi anda yang belum tahu apa itu paragraf deduktif dan paragraf induktif, serta seperti apa contohnya, maka anda dapat menyimak pembahasan dalam artikel ini.

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Contoh paragraf deduktif adalah sebagai berikut ini.

Contoh paragraf deduktif

1). Membudayakan gemar membaca bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak tantangan yang menjadi latar belakang kegiatan gemar menbaca. Contohnya, Kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya sebuah buku. Karena buku mmasih dianggap kebutuhan nomor sekian. Kenyataan tersebut dapat dilihat pada saat kebutuhan pokok telah terpenuhi, orang jarang sekali menyisihkan uangnya untuk membeli sebuah buku. Seseorang akan sangat sulit menjadikan buku sebagai kebutuhan utama. Namun untuk menonton film, mendengarkan sebuah kaset banyak orang yang tidak sungkan untuk mengeluarkan uangnya.

Paragraf Deduktif: Membudayakan gemar membaca bukanlah perkara yang mudah.

2). Tingkat kesejah teraan sebuah keluarga berhubungan erat dengan besarnya jumlah anggota keluarga yang ditanggung pencari nafkah. Sebuah keluarga dengan jumlah anak banyak, dan yang mmencari nafkah hanya bapak saja, tentunya akan mengalami kesulitan dalam hal ekonomi. Untuk itu dalam keluarga seperti itu, seorang ibu perlu membantu kerja ataupun anaknya kuliah sambil kerja untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Paragraf Deduktif: Kesejahteraan suatu keluarga berkaitan erat dengan besarnya jumlah anggota keluarga yang harus ditanggung oleh pencari nafkah.

Paragraf Induktif

Paragraf Induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Biasanya kalimat tersebut berupa kesimpulan dari gagasan-gagasan penjelas yang sebelumnya diuraikan.

Contoh Paragraf Induktif

1). Siswa yang rajin belajar masih bisa kita jumpai di mana-mana, di desa, di pinggiran kota apalagi di kota. Siswa berprestasi tinggi juga cukup banyak dan bisa dijumpai di mana-mana. Tak jarang pula diantara mereka ada yang peduli dan memperhatikan keadaan lingkungan. Kelihatannya, masa depan generasi penerus masih bisa diharapkan.

Paragraf Induktif: Kelihatannya, masa depan generasi penerus masih bisa diharapkan.

2). Untuk dapat hidup tumbuhan membutuhkan air, begitu juga dengan manusia. Air digunakan untuk manusia untk minum, memasak dan mandi. Sedangkan air diperlukan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang biak. Bisa dibayangkan kalau tumbuhan dan manusia kekurangan air, maka dalam perkembangan hidupnya akan menimbulkan masalah. Betapa pentingnya air untuk kehidupan tumbuhan dan manusia.

Paragraf Induktif: Betapa pentingnya air untuk kehidupan tumbuhan dan manusia.

Pengertian Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif Beserta Contohnya

Itulah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang Pengertian paragraf deduktif dan paragraf induktif beserta contohnya. Semoga apa yang diuraikan blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait