--> Skip to main content
Menu

Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas

Pengertian ide pokok dan ide penjelas - Sebuah paragraf secara umum terbentuk dari dua unsur yaitu ide pokok dan ide penjelas. Ketika di sekolah dalam pelajaran Bahasa Indonesia mungkin kamu pernah menjumpai sebuah pertanyaan “jelaskan pengertian ide pokok dan ide penjelas”. Masih ingatkah kamu apakah yang dimaksud dengan ide pokok dan ide penjelas itu? Atau mungkin kamu sudah lupa tentang apa yang dimaksud dengan ide pokok dan ide penjelas. Maka dari itulah bagi kamu yang sudah lupa tentang apa itu ide pokok dan ide penjelas, di sini kami akan membahas tentang pengertian ide pokok dan penjelas. Silahkan baca penjelasannya sampai selesai berikut ini.

Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas

Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas

Pengertian Ide Pokok: Ide Pokok adalah sebuah gagasan yang menjadi dasar dalam pengembangan sebuah paragraf, ide pokok dalam sebuah paragraf sering disebut dengan gagasan utama, gagasan pokok. Pengertian Ide Penjelas: Ide Penjelas adalah sebuah gagasan yang menjelaskan ide pokok. Ide penjelas disebut dengan gagasan penjelas.

Contoh Ide Pokok dan Ide Penjelas

Untuk lebih mengetahui di mana ide pokok dan ide penjelas berada maka berikut ini kami berikan contoh ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf.

Semenjak terjadinya bencana gempa bumi yang disusul gelombang tsunami di Aceh dan Sumatera utara, seringkali terjadinya bencana dijadikan sebagai sarana untuk melakukan pemungutan uang kepada masyarakat. Banyak kelompok orang maupun organisasi yang tidak bertanggung jawab meminta sumbangan kepada masyarakat untuk korban becana alam. Mereka beroperasi di pinggir-pinggir jalan, lampu merah bahkan ada yang di bus kota dengan mengatasnamakan Departement Sosial.

Dalam paragraf tersebut yang menjadi ide pokok paragraf yaitu seringkali terjadinya bencana tersebut dijadikan sebagai sarana untuk melakukan pemungutan uang kepada masyarakat.

Sedangkan ide penjelas dalam paragraf tersebut yaitu:

  • Banyak kelompmok orang maupun organisasi yang tidak bertanggung jawab meminta sumbangan kepada masyarakat untuk korban bencana alam.
  • Mereka beroperasi di pinggir-pinggir jalan, lampu merah bahkan ada yang di bus kota dengan mengatasnamakan Departement Sosial.

Itulah penjelasan yang bisa kami bagikan mengenai pengertian ide pokok dan ide penjelas. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini memberikan manfaat.