Pengertian Unsur Ekstrinsik Novel dan Macam macamnya

Pengertian unsur ekstrinsik novel - Dalam sebuah novel itu terdapat unsur-unsur penyusunnya yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Nah untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang apa itu unsur ekstrinsik novel, sedangkan penjelasan tentang unsur intrinsik novel silahkan anda baca artikel yang berjudul: Pengertian Unsur unsur Intrinsik novel. Kembali lagi ke topik pembahasan, tahukah anda apa yang dimaksud unsur ekstrinsik novel? Mungkin diantara anda ada yang sudah tahu tentang apa yang dimaksud dengan unsur ekstrinsik novel, namun bagi anda yang belum tahu tentang apa yang dimaksud unsur ekstrinsik dalam novel. Maka di sini kami akan menguraikan tentang definisi unsur ekstrinsik dalam novel.  Dalam pembahasan ini juga kami uraikan macam macam unsur ekstrinsik novel atau apa saja unsur ekstrinsik novel.
Pengertian Unsur Ekstrinsik Novel

Pengertian Unsur Ekstrinsik Novel

Unsur Ekstrinsik Novel adalah unsur luar yang berpengaruh pada novel diantaranya yaitu latar belakang pengarang, kondisi sosial budaya serta lokasi atau tempat novel itu dikarang. Apabila unsur Intrinsik ada, maka unsur ekstrinsik pun juga ada karena antara Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik itu saling keterkaitan sat  sama lain. Meskipun pada pengertian unsur intrinsik dan ekstrinsik mempunyai perbedaan akan tetapi keduanya saling terkait. Apabila unsur intrinsik mengacu pada isi novel, maka unsur ekstrinsik mengacu pada luar novel namun ada keterkaitan dengan isi novel. Jadi bisa dibilang kalau unsur intrinsik dan ekstrinsik novel saling berkaitan.

Macam macam Unsur Ekstrinsik Novel

Apa saja unsur ekstrinsik novel? Berikut ini adalah macam-macam unsur ekstrinsik dalam novel.
  1. Latar belakang pengarang yang berhubungan dengan asal daerah, jenis kelamin, agama, pendidikan, pekerjaan serta ideologi pengarang. Unsur-unsur ini sedikit banyak mempunyai pengaruh terhadap isi novel yang dibaut. Contohnya novel yang dikarang oleh yang berasal dari sunda maka akan berbeda dengan novel yang dikarang oleh orang padang, orang arab atau orang inggris.
  2. Kondisi Sosial Budaya, contohnya, novel yang dikarang oleh seseorang yang hidup di tengah-tengah masyarakat tradisional tentunya akan berbeda dengan novel yang dikarang oleh seseorang yang hidup di tengah-tengah masyarakat metropolis. Novel yang dikarang pada saat zaman kolonial tentu akan berbeda dengan novel yang dikarang pada zaman kemerdekan maupun pada zaman reformasi.
  3. Tempat dan kondisi alam, contohnya novel yang dibuat oleh seseorang yang terbiasa hidup di daerah gurun tentunya akan berbeda dengan novel yang dibuat oleh seseorang yang terbiasa hidup di daerah pertanian.

Demikian pembahasan dan penjelasan dari kami tentang Pengertian Unsur Ekstrinsik Novel dan Macam macamnya. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait