--> Skip to main content
Menu

Pengertian Geografi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian geografi secara umum dan menurut para ahli – Mungkin Geografi bukanlah hal yang baru yang pernah kita dengar, apalagi bagi para pelajar yang jurusannya ilmu sosial, pasti sangat sudah sangat mengenalinya, baik itu tentang apa pengertian geografi secara umum maupun tentang apa definisi geografi menurut para ahli. Meskipun demikian pastinya diantara kamu masih ada yang belum tahu definisi geografi secara umum dan juga menurut beberapa ahli. Untuk di sini kami akan menjelaskan tentang apa arti geografi secara umum dan apa itu geografi menurut para ahli. Oke langsung saja simak penjelasannya berikut ini, silahkan di baca dan dipahami dengan baik.

Pengertian Geografi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Secara Umum

Bagaimana definisi geografi menurut pandangan secara umum? Jelaskan pengertian geografi secara umum? Arti geografi secara umum adalah suatu ilmu yang mempelajari dan mengkaji segala macam fenomena yang ada di permukaan bumi, seperti penduduk, flora, fauna, air, batuan, iklim dan interaksi antara fenomena-fenomena tersebut.

Pengertian geografi secara etimologi itu berasal dari bahasa yunani, dari kata geo yang artinya bumi dan graphein yang artinya tulisan. Sehingga dalam pengertian geografi secara singkat adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan geografi menurut ara ahli ? Sebutkan definisi geografi menurut para ahli? Berikut ini penjelasannya.

1. Pengertian Geografi menurut Claudius Ptolomaeus

Bagaimanakah pengertian geografi menurut Claudius Ptolomeus? Definisi geografi menurut Claudius Ptolomaeus adalah suatu penyajian melalui sebuah peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

2. Pengertian Geografi menurut Ullman (1954)

Definisi geografi menurut Ullman adalah interaksi antar ruang.

3. Definisi Geografi menurut Strabo (1970)

Geografi adalah sesuatu yang erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu serta hubungan antar wilayah secara menyeluruh (Natural Attribute of Place).

4. Pengertian Geografi menurut Paul Vidal De La Blache

Geografi ialah studi mengenai kualitas-kualitas negara, di mana penentuan sebuah kehidupan tergantung dari bagaimana manusia mengelola alam.

5. Pengertian Geografi menurut Prof Bintarto (1981)

Pengertian geografi menurut Prof Dr R Bintarto menyatakan bahwa geografi itu mempelajari tentang hubungan kausal gejala-gejala yang ada di permukaan bumi, baik bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup dan permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan serta regional untuk kepentingan program, proses dan juga keberhasilan dalam pembangunan.

6.Pengertian Geografi menurut hasil seminar dan lokakarya di semarang

Pengertian geografi berdasarkan hasil seminar lokakarya di semarang tahun 1988, bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang persamaan serta perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan serta kelingkungan dalam konteks keruangan.

7. Pengertian Geografi menurut Ferdinand Von Richthofen

Geografi ialah studi mengenai gejala dan sifat-sifat permukaan bumi beserta penduduknya yang disusun berdasarkan dari letaknya, dan mencoba untuk menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat-sifat tersebut.

8. Pengertian Geografi menurut Preston E James

Menyatakan bahwa geografi adalah induk ilmu pengetahuan sebab banyak bidang ilmu pengetahuan yang diawali dengan dilakukan pengamatan bumi.

Nah seperti itulah penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian geografi secara umum dan menurut para ahli. Semoga penjelasan yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.