--> Skip to main content
Menu

Pengertian Respirasi dan Struktur Sistem Respirasi

Pengertian respirasi – Di bumi ini semua makhluk hidup membutuhkan yang namanya pernapasan atau respirasi. Tahukah teman-teman apa itu respirasi? Bagi teman-teman yang sedang memperlajari tentang ilmu biologi pastinya sudah tahu dengan apa yang dimaksud respirasi. Namun bagi yang belum mempelajarinya tentunya masih awam dengan apa yang dimaksud dengan respirasi. Untuk itu agar teman-teman bisa tahu seperti apakah respirasi itu? Maka pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang definisi respirasi. Dalam pembahasan ini selain membahas pengertian atau arti dari respirasi juga kami berikan penjelasan tentang struktur sistem respirasi agar bisa menambah pengetahuan teman-teman semua.

Pengertian Respirasi

Pengertian Respirasi

Jelaskan pengertian dari respirasi? Berikut ini adalah beberapa pengertian dari respirasi:

  • Respirasi adalah menghirup udara dari luar yang mengandung O2 (oksigen) ke dalam tubuh dan menghembuskan udara yang mengandung CO2 (karbondioksida) sebagai sisa dari oksidasi yang keluar dari tubuh. Sisa respirasi mempunyai peranan untuk menukar udara ke permukaan dalam paru-paru.
  • Respirasi atau pernapasan ialah pertukaran gas yakni oksigen (O2) yang diperlukan oleh tubuh untuk metabolisme sel dan karbondioksida (CO2) yang dihasilkan dari metabolisme tersebut dikeluarkan dari tubuh lewat paru-paru.
  • Respirasi pada dasarnya adalah proses oksidasi yang dialami SET (senyawa berenergi tinggi) sebagai unit penyimpanan energi kimia pada suatu organisme hidup. SET itu seperti molekul asam-asam lemak atau gula, bisa dipecahkan dengan bantuan enzim dan beberapa molekul yang sederhana. Dikarenakan proses ini merupakan reaksi melepaskan energi (eksoterm), maka energi yang dilepas ditangkap oleh NADP atau ADP membentuk NADPH atau ATP. Pada saat gilirannya, berbagai macam reaksi biokimia endotermik (membutuhkan energi) dipasok kebutuhan energinya dari kedua kelompok senyawa terakhir tersebut.
  • Dalam biologi respirasi yaitu proses mobilisasi energi yang dilakukan oleh jasad hidup melalui sebuah pemecahan senyawa berenergi tinggi (SET) untuk dipergunakan dalam menjalankan fungsi hidup. Pada pengertian kehidupan sehari-hari, respirasi bisa disamakan dengan pernapasan. Tetapi, istilah dari respirasi itu mencakup proses-proses yang tidak mencakup pada istilah pernapasan. Jadi respirasi itu terjadi di semua tingkatan organisme hidup, dari individu sampai ke ssatuan terkecil sel. Sedangkan untuk pernapasan umumnya diasosiasikan dengan penggunaan oksigen sebagai senyawa pemecah, respirasi tidak selalu melibatkan oksigen.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Struktur Sistem Respirasi

Struktur sistem respirasi manusia terdiri atas:

  • Saluran nafas pada bagian atas. Di bagian ini udara yang masuk ke dalam tubuh dihangatkan, disaring kemudian dilembabkan.
  • Saluran nafas pada bagian bawah. Di bagian ini menghantarkan udara yang telah masuk dari saluran bagian atas ke alveoli.
  • Partu, terdiri atas: Alveoli, terjadinya pertukran gas antara oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) serta sirkulasi paru. Untuk pembuluh darah arteri menuju paru, sedangkan untuk pembuluh darah vena meninggalkan paru.
  • Rongga Pleura. Terbentuk dari 2 selaput serosa, meliputi dinding dalam rongga dada yang disebut sebagai pleura parietalis, dan yang meliputi pleura viseralis atau paru.
  • Rongga dan dinding dada yang merupakan pompa muskuloskelatal yang dapat mengatur pertukran gas dalam proses respirasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian apa yang bisa kami tulis tentang pengertian respirasi. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.