--> Skip to main content
Menu

Pengertian Planet Saturnus

Pengertian Planet Saturnus - Planet Saturnus adalah planet dalam tata surya yang letaknya berada pada urutan ke 6 atau urutan setelah planet Jupiter. Ciri dari Planet Saturnus yaitu terdapat piringan cincin disekelilingnya yang membuat planet ini sangat mudah dikenali diantara planet yang lainnya di sistem tata surya. Planet Saturnus merupakan planet yang massa jenisnya paling kecil, atau planet yang paling lunak, hal ini dikarenakan tubuhnya sebagian besar tersususn oleh gas. Planet Saturnus mempunyai ukuran 5 kali lebih besar dari pada Bumi. Ukurannya yaitu berdiameter 120.000 km, membuatnya menjadi planet terbesar setelah Jupiter. Jarak dari Matahari ke Saturnus adalah 1.423.000.000 km. Untuk melakukan satu kali rotasi Planet Saturnus memerlukan waktu sekitar 10,7 jam, sedangkan waktu yang diperlukan untuk mengelilingi matahari yaitu 29,5 Tahun.

Pengertian Planet Saturnus
gambar planet saturnus

Ciri dan Karakteristik Planet Saturnus

Ciri-ciri dan karakteristik yang diimiliki oleh Planet Saturnus adalah sebagai berikut ini:

Planet Saturnus Dikelilingi Cincin Es

Planet Saturnus adalah planet yang indah dengan ribuan cincin yang mengelilingi planet tersebut. Meskipun Cincin Planet Saturnus tampak padat, tetapi sebenarnya cincin tersebut tersusun atas milyaran serpihan batu yang terlapisi oleh es. Serpihan paling kecil ukurannya serupa dengan setitik debu, dan ukuran terbesar serpihan tersebut mungkin sebesar rumah. Serpihan-serpihan tersebut beberapa diantaranya mungkin mencapai setengah mil / 1 km. Tiap-tiap serpihan bergerak pada orbitnya masing-masing mengelilingi Planet Saturnus. Mungkin serpihan batu berlapis es yang mengorbiti Planet Saturnus dulunya adalah sebuah bulan, mungkin juga merupakan bahan-bahan yang tersisa ketika terbentuknya Planet Saturnus.

Pengertian Planet Saturnus

Planet Saturnus Cincin di dalam cincin

Planet Saturnus terlihat dikelilingi beberapa cincin lebar saja namun sebetulnya ada ribuan cincin-cincin yang kecil (ringlet) dan cincin yang sempit. Cincin-cincin kecil penyusun cincin F yang sempit salng terpilin dan dipisahkan dari cincin-cincin yang lain oleh tarikan gravitasi 2 bulan "penggembala", disebut dengan Pandora dan Prometheus.

Planet Saturnus Mempunyai 21 Satelit

Planet Saturnus setidaknya memiliki 21 Satelit. Satelit yang paling besar yaitu Titan. Titan merupakan satu-satunya bulan yang telah diketahui mempunyai atmosfer tebal. Enceladus mempunyai sisi berkawah dan satu sisi lagi yang lebih rata. Mimas mempunyai kawah yang besar, kawah tersebut terbentuk dari tumbukan yang hampir menghancurkannya. Satelit lainnya beberapa diantaranya yaitu seperti 1980S26, Atlas, 1980S28, 1980S27, Janus, Euphemetheus, Tethys, Mimas co-orbital, Calypso, Telesto, Dione co-orbital, Dione, 1980S6, 1980S5, Hyperion, Rhea, Phoebe dan Lapetus.

Itulah penjelasan yang dapat kami bagikan tentan Pengertian Planet Saturnus, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat untuk anda.