--> Skip to main content
Menu

Pengertian dan Jenis Derivatif

Pengertian dan jenis derivatif – Dalam dunia keuangan ada yang namanya istilah “derivatif”. Seperti apa itu derivatif? Bisakah kamu menjelaskan tentang definisi dari derivatif? Mungkin bagi kamu yang bergerak dalam bidang keuangan sudah banyak yang tahu tentang apa yang dimaksud derivatif. Namun bagi kamu yang tidak bergerak dalam bidang keuangan tentunya akan kesulitan bahkan tidak tahu tentang apa yang dimaksud dengan derivatif. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang pengertian derivatif dan jenis jenis derivatif agar nantinya kamu bisa tahu seperti apakah arti derivatif itu.

Pengertian dan Jenis Derivatif

Pengertian Derivatif

Derivatif adalah kontrak yang sifatnya bilateral atau suatu perjanjian dalam penukaran pembayaran dengan penurunan nilai yang bersumber dari produk turunan. Derivatif terdiri dari efek yang diturunkan dari instrumen efek yang lain yang disebut sebagai “underlying”. Di Indonesia terdapat beberapa macam instrumen derivatif diantaranya yaitu bukti right, waran dan kontrak berjangka. Derivatif merupakan instrumen yang apabila tidak digunakan secara berhati-hati, bisa sangat beresiko.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Derivatif

Penjelasan dari jenis jenis derivatif adalah sebagai berikut ini:

  • Bukti Right adalah suatu proses penerbitan saham baru, yang mana hak yang melekat untuk memesan saham baru tersebut terlebih dahulu diberikan kepada pemegang saham yang lama. Di dalam undang-undang pasar modal, bukti right diartikan sebagai hak memesan efek terlebih dahulu pada harga yang sudah ditentukan dalam periode tertentu. Bukti right diterbitkan pada penawaran umum terbatas, di mana saham baru ditawarkan pertama kali kepada pemegang saham lama. Di pasar sekunder bukti right juga diperdagangkan dalam periode tertentu.
  • Waran adalah sebuah hak membeli saham biasa di waktu dan harga yang telah ditentukan, umumnya hak waran dijual bersamaan dengan surat berharga lainnya misalnya yaitu obligasi. Waran berfungsi sebagai daya tarik bagi pembeli obligasi. Karena itulah waran biasanya melekat sebagai daya tarik pada penawaran umum saham maupun obligasi. Umumnya harga pelaksanaan lebih rendah dibanding dengan harga pasar saham.
  • Kontrak berjangka indeks saham adalah suatu perjanjian atau kontrak bilateral ataupun antara kedua pihak yang diharuskan dalam menjual atau membeli produksi yang variabel pokoknya pada masa yang akan datang yang harganya sudah ditetapkan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian dan jenis derivatif. Semoga penjelasan yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi kita.