Pengertian Cuaca dan Iklim serta Perbedaannya

Pengertian Cuaca dan Iklim serta Perbedaannya - Mungkin diantara kita ada yang tidak tahu bedanya cuaca dan iklim, apalagi mengenai pengertian cuaca dan iklim. Sering kali kita menganggap bahwa cuaca adalah iklim, padahal apa yang kita anggap tersebut adalah keliru. Ada juga orang yang bisaa membedakan antara cuaca dengan iklim tetapi tidak mengetahui kenapa itu bisa dikatakan iklim dan bisa ddisebut cuaca, sehingga kita sepenuhnya tidak mengetahui apa perbedaan cuaca dan iklim. Oleh sebab itulah dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian dan perbedaan cuaca dan iklim. Di sini yang pertaa kami bahas ialah apa penggertian cuaca ?dan apa pengertian iklim?. Selanjutnya akan kami bahas perbedaan iklim dan cuaca. Untuk penjelasan lebih lanjutnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

- Cuaca

Pengertian Cuaca adalah suatu keadaan udara di suatu tempat. Karena itulah sering terjadi di suatu tepat hujan lebat atau udara berawan, naun ditepat lain cuaca terang benderang. Ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut dengan Meteorologi. Yang bertugas melakukan pengammatan cuaca secara terus menerus ialah BMKG (badan meteorologi Klimatologi  dan Geofisika) yang pusatnya berada di jakarta.

Tugas dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika yaitu menyelidiki serta mencatat keadaan udara misalnya tekanan udara, temperatur udara, suhu udara, curah hujan, dan keadaan awan. Badan meterologi dan geofisika mempunyai stasiun tempat pengamatan cuaca yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.
(Contoh Cuaca )

- Iklim

Pengertian iklim adalah suatu keadaan rata-rata cuaca di suatu daerah yang luas serta ditetapkan menurut perhitungan dalam waktu yang lama (berkisar 11-30 tahun). Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut dengan Klimatologi.

Iklim yang banyak dipengaruhi di wilayah indonesia yaitu iklim tropik, iklim laut, dan iklim musim. Di setiap berbagai wilayah mempunyai iklim yang ditetapkan seperti yang ada digambar. 
(Macam-macam Iklim dari berbagai belahan bumi)

- Perbedaan Antara Cuaca dan Iklim

Letak perbedaan antara cuaca dan iklim yaitu pada luas daerah liputan serta lama waktu yang diperlukan dalam pengamatan. Kalau cuaca dikenal dengan keadaan udara setempat yang mempunyai cakupan wilayah yang lebih sempit apabila dibandingkan dengan iklim yang cakupan wilayahnya lebih luas. Untuk mementukan keadaan cuaca diperlukan pengamatan singkat (24 jam), sedangkan untuk menentukan keadaan iklim memerlukan waktu yang cukup lama (11-30 tahun).

Demikian artikel yang dapat kami bagikan tentang Pengertian Cuaca dan Iklim serta Perbedaannya, mudah-mudahan dapat penjelasan yang temukan pengertian memberikan manfaat.

Artikel Terkait