Pengertian Amanat

Pengertian Amanat - Dalam sebuah prosa fiksi terdapat berbagai unsur intrinsik yang ada di dalamnya salah satunya yaitu unsur amanat. Nah tahukah kamu apa itu amanat? Lalu apa saja macam-macam amanat dan ciri ciri amanat? Bagi anda yang mungkin belum tahu, maka anda bisa menemukan jawabannya dalam urian yang kami berikan ini.
yang dimaksud Amanat

Pengertian Amanat

Amanat adalah pesan moral dalam cerita yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca berupa nilai-nilai luhur yang bisa dijadikan teladan atau dijadikan contoh. Penyampaian pesan dalam cerita selalu di dasarkan pada tema dan tujuan yang sudah ditentukan oleh pengarang ketika menyusun rancangan cerita. Amanat atau pesan dalam sebuah tulisan cerita tidak selalu tersurat (jelas), namun dapat juga tersirat (tersembunyi). Umumnya amanat atau pesan bisa ditelusuru melalui percakapan para tokoh dalam sebuah cerita. Apabila tema berkaitan dengan arti, maka sebuah amanat berkaitan dengan makna. Lalu apabila tema mempunyai sifat yang sangat lugas, khusus, dan objektif maka amanat mempunyai sifat kias, umum, dan subjektif.

Pengertian Amanat Menurut Para Ahli

Selain pengertian amanat secara umum, terdapat juga pengertian amanat yang di definisikan oleh para ahli. Berikut ini definisi amanat dari beberapa ahli:
  • Pengertian Amanat Menurut Rusiana [1982:74]. Amanat adalah sebuah ajaran moral atau pesan yang mau disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. Jalan keluar permasalahan atau akhir permasalahan yang ada dalam cerita dapat disebut sebagai amanat. Amanat merupakan renungan yang disajikan kembali oleh pembaca.
  • Pengertian Amanat Menurut Kosasih [2006]. Amanat adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang kepada pembaca lewat tulisan-tulisannya, supaya pembaca dapat menarik sebuah kesimpulan dari apa yang sudah pembaca nikmati.
  • Pengertian Amanat Menurut Siswanti [2008:161-162]. Amanat adalah sebuah gagasan yang menjadi dasar karya sastra, yang merupakan pesan yang ingin disampaikan seorang pengarang kepada pendengar atau pembaca. Dalam sebuah karya sastra modern biasanya amana tersirat, sedangkan di dalam karya sastra lama amant umumnya tersurat.
  • Pengertian Amanat Menurut Sadikin [2010]. Amanat adalah pemecahan yang diberikan oleh seorang pengarang untuk persoalan dalam sebuah karya sastra. Amanat dapat disebut dengan makna. Makna yang diniatkan seorang pengarang disebut dengan makna niatan, sedangkan makna muatan yaitu makna yang termuat dalam sebuah karya sastra.

Macam macam Amanat

Dalam sebuah karya sastra yang dibuat pengarang, pesan atau amanat yang ingin disampaikan kepada pembaca pada dasarnya tidak selalu tersurat (jelas), namun ada juga yang bersifat tersirat (tersembunyi). Untuk itu, dalam hal ini maka terdapat 2 macam amanat yaitu amanat tersurat dan amaant tersirat. Atau dengan istilah lain pesan atau amanat bisa disampaikan secara eksplisit dan implisit.

Amanat tersurat adalah amanat yang dijelaskan dalam kata-kata sebuah tulisan.
  • Amanat tersurat adalah cara pengarang menyampaikan pesan atau amanat yang yang secara eksplisit atau jelas dijabarkan dalam kata-kata sebuah tulisan. Atau secara eksplisit, yaitu pengarang mengemukakan pesannya secara langsung (tertera dalam cerita).
  • Amanat tersirat adalah cara pengarang menyampaikan pesan atau amanat dengan sengaja tidak dijabarkan secara tertulis dalam sebuah cerita, namun pesan ini dapat diketahui pembaca dari alur cerita yang terdapat dalam tulisan tersebut. Jadi amanat tersirat ini sifatnya adalah implisit atau tersembunyi tetapi tetap dapat diketahui dari jalannya cerita. Atau dengan kata lain secara implisit, yaitu pengarang mengemukakan pesannya secara tidak langsung sehingga pembaca sendiri yang harus mencarinya (tersirat).

Ciri ciri Amanat

Terdapat beberapa ciri-ciri amant yang dapat kamu perhatikan untuk mengetahui dan menentukan sebuah pesan amanat dalam cerita. Biasanya ciri-ciri amant terdapt di akhir cerita, dimana pengarang akan menyampaikan pesan moral lewat tingkah laku tokoh yang ada dalam cerita. Selain itu ciri-ciri amant juga dapat diketahui secara jelas atau eksplisit, yang biasanya dapat berupa nasehat, seruan, anjuran, saran, peringatan atau laranganyang berhubungan dengan ide utama dalam cerita.

Contoh Amanat

Supaya dapat lebih memahami tentang apa yang dimaksud amanat, perhatikanlah contoh di bawah  ini:

Suatu ketika walaupun tidak diijinkan Alimah, Siti Nurbayah membeli kue yang disajikan oleh pendekar empat, yang merupakan kaki tangan Datuk Meringgih. Kue yang disediakan sengaja khusu untuk siti nurbaya telah ditaburi racun. Sesudah penjaga kue meninggalkan tempat, siti nurbayah memakan kue yang baru dibelinya tadi. Sedudah memakan kue tersebut, Siti Nurbayah kepalanya menjadi pening. Sehingga tidak lama kemudian Siti Nurbayah meninggal dunia.

Amanat yang terkandung dalam penggalan cerita tersebut yaitu “Dalam melakukan suatu tindakan, kita tidak boleh gegabah dan harus berhati-hati”.

Demikianlah penjelasan dari kami, sekarang anda sudah tahu kan yang dimaksud amanat itu bagaimana, sekian dari kami terimakasih.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait