Pengertian Tema

Advertisement
Pengertian Tema - Terdapat beberapa unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra salah satunya yaitu tema. Nah kali ini kami akan mengulas tentang tema. Tahukah kamu apa itu tema? Lalu apa saja jenis-jenis tema? Bagi yang belum tahu ikuti saja ulasan yang kami berikan ini sampai selesai. Agar dapat menemukan jawaban tentang yang dimaksud tema dan macam-macam tema.
Pengertian Tema

Pengertian Tema

Tema adalah ide/ gagasan yang disampaikan pengarang dalam ceritanya. Tema ini akan diketahui setelah seluruh unsur prosa fiksi dikaji. Dalam menerapkan unsur-unsur tersebut pada saat mengapresiasi karya prosa, pengapresiasi tidak sekedar menganalisis dan memecahnya tiap bagian, tetapi juga setiap unsur tersebut harus dilihat kepaduannya dengan unsur lain. Penganalisis akan melihat hubungan unsur-unsur tersebut berupa kekuatan saling mendukung dan memperkuat dalam menyampaikan tema cerita atau justru sebaliknya.

Atau dengan kata lain tema yaitu ide pikiran atau gagasan pokok akan suatu hal, salah satunya dalam sebuah tulisan. Pastinya di setiap tlisan mempunyai tema, sebab dalam suatu penulisan dianjurkan harus memikirkan tema apa yang mau ditulis. Misalnya dalam menulis sebuah novel, puisi, cerpen, atau karya tulis lain tentunya harus mempunyai sebuah tema. Jadi apabila diibaratkan sebuah rumah, tema adalah pondasinya. Selain itu tema juga merupakan hal paling utama yang dilihat para pembaca sebuah karya sastra. Apabila tema yang diangkat dalam tulisan menarik, maka akan memberikan nilai yang lebih pada karya sastra tersebut. Bagi pengarang  tema merupakan dasar yang digunakan pengarang dalam mengembangkan sebuah cerita. Biasanya setiap cerita dibuat dengan dasar tema tertentu dan semua aktivitas dalam cerita juga didasari dengan tema tersebut.

Pengertian tema menurut para ahli

Selain pengertian tema secara umu, terdapat juga pengertian tema dari beberapa ahli. Berikut ini adalah beberapa pengertian tema menurut para ahli.

Pengertian Tema menurut Ensiklopedi Sastra Indonesia
Tema adalah setiap ide pokok, gagasan ataupun persoalan yang dipakai sebagai landasan atau dasar pembuatan cerita.

Pengertian Tema menurut Kamus Istilah Pengetahuan Populer
Tema adalah pokok pikiran atau persoalan yang dijabarkan dalam sebuah karangan, isi dari sebuah karya atau ciptaan.

Pengertian Tema menurut Stanton dan Jenny C
Tema adalah makna yang terkandung dalam suatu cerita yang terdapat di dalam sebuah karya sastra.

Pengertian Tema menurut Mido
Tema merupakan suatu persoalan yang berhasil menempati tempat utama dalam sebuah cerita rekaan dan bukan hanya di dalam pikiran pengarang saja.

Pengertian Tema menurut Aminuddin
Tema adalah ide yang dilandasi sebuah cerita diperankan, dan juga sebagai pangkal tolak seorang pengarang dalam aktivitasnya memaparkan karya fiksi yang telah dia buat.

Pengertian Tema menurut Keraf
Tema adalah sebuah amanat utama yang disampaikan oleh seorang penulis melalui sebuah karangan atau karya sastra yang dibuatnya.

Jenis jenis Tema

Secara umum tema diklasifikasikan ke dalam 5 jenis. Jenis-jenis tema tersebut yaitu sebagai berikut ini:
  • Tema jasmaniah adalah tema yang berkaitan atau berfokus pada permasalahan atau keadaan jasmani fisik seseorang. Biasanya jenis tema ini menyangkut pada hal yang sifatnya dalam tubuh manusia seperti jasad, molekul, zat, tubuh dan perasaan. Contoh tema jasmaniah salah satunya yaitu tentang percintaan atau perasaan cinta.
  • Tema ketuhanan adalah tema yang berhubungan erat dengan kekuasaan tuhan yang tampak dalam setiap aktivitas manusia. Atau dengan kata lain tema ketuhanan yaitu tema yang ada hubungannya dengan situasi dan kondisi manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Biasanya jenis tema seperti ini dijabarkan pengarang cerita dengan menunjukkan hal-hal magis yang berada di luar akal manusia. Contoh tema ketuhanan yaitu: keajaiban penyembuhan penyakit, kejadian kiamat dan lain-lain.
  • Tema sosial adalah tema yang berkaitan dengan hal-hal yang berbau masalah sosial dan bukan masalah pribadi. Biasanya dalam tema ini pengerang cerita menjelaskan tentang berbagai macam hal yang ada kaitannya dengan masalah kehidupan masyarakat. Contoh tema sosial, masalah pendidikan, politik, propaganda, interaksi manusia dengan sekitarnya, dan lain-lain.
  • Tema Egoik adalah tema yang berhubungan erat dengan sifat ego manusia. Atau dengan kata lain tema yang berkaitan tentang reaksi pribadi yang pada umumnya menentang akan pengaruh sosial. Contoh tema egoik yaitu tentang ketamakan manusia, keserakahan manusia dan lain-lain.
  • Tema organik adalah tama yang mencakup tentang moral karena tema ini berhubungan erat dengan moral dasar manusia yang wujudnya tentang hubungan antar manusia. Contoh tema organik yaitu hubungan antar pria dan wanita, nasihat, dan lain-lain. 

Itulah penjelasan tentang Pengertian tema dalam sebuah cerita, semoga bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru