Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli - Hampir semua manusia tentunya telah merasakan adanya perubahan. Dalam masyarakat sebuah perubahan adalah hal yang wajar, mengingat kebutuhan manusia yang tak terbatas. Dengan membandingkan keadaan ketika beberapa waktu yang lalu dengan keadaan yang sekarang maka akan terlihat jelas perubahan yang terjadi. Perubahan tersebut bisa terjadi dalam beberapa aspek kehidupan yaitu perlengkapan dan peralatan hidup, sistem kemasyrakatan, mata pencaharian, kesenian, bahasa, keyakinan atau religi, dan sistem pengetahuan.
Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

  • Perlengkapan dan peralatan hidup meliputi, perumbahan, pakaian, peralatan rumah tangga, alat produksi, transportasi dan lain-lain. Ketika zaman nenk moyang dulu cara memasak makanan masih secara tradisional yaitu dengan membakarnya dengan kayu bakar. Sekarang di zaman modern ini perubahan telah terjadi yaitu kalau memasak makanan  menggunakan peralatan modern seperti mejikom, oven, menggunakan kompoer gas dan lain-lain.
  • Sistem kemasyarakatan meliputi sistem kekerabatan, sistem hukum, organisasi politik, dan juga sistem pernikahan. Ketika kehidupan belum terlalu kompleks orang-orang yang termasuk keluarga atau ada ikatan darah selalu tinggal bersama dalam satu rumah. Lain halnya dengan sekarang, ikatan masyarakat tidak berdasarkan ikatan darah, namun karena adanya hobi, profesi, sekolah, kuliah dan lain-lain.
  • Mata pencaharian meliputi pertanian, peternakan dan produksi. Pada zaman dahulu orang laki-laki bekerja berburu atau melakukan pekerjaan lain, sedangkan orang perempuan berada di rumah mengasuh anak dan mengurus rumah tangga. Lain halnya setelah terjadi perubahan sekarang ini perempuan pun juga dapat bekerja, dan orang laki-laki kerjanya sudah tidak hanya dengan berburu lagi, melainkan sudah dapat bekerja dengna pekerjaan yang jenisnya beragam.
  • Kesenian meliputi seni suara, seni tari, seni rupa. Dahulu masyarakat Jawa menganggap kalau rumah yang indah itu mempunyai nuansa gelap, saat ini masyarakat Jawa lebih suka dengan rumah yang nuansanya terang atau pastel.
  • Dahulu bahasa hanya disampaikan dengan lisan. Saat ini bahasa bisa disampaikan lewat berbagai media, seperti tulisan, sandi, dan lain-lain.
  • Sistem keperccayaan/ religi. Dulunya sistem keyakinan tentang roh halus, dewa dan lain-lain. Karena itulah semua kegiatan manusia dikait-kaitkan dengna keyakinan berdasarkan getaran jiwa. Tetapi, saat ini kigiatan manusia banyak yang dikaitkan dengna logika dan akal.
  • Sistem pengetahuan berhubungan dengan teknologi. Sistem pengetahuan dulunya hanya dengan pedoman peristiwa alam. Namun saat ini sistem pengetahuan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.

Perubahan di berbagai aspek bidang tersebut biasa disebut dengan perubahan sosial dan perubahan budaya, sebab proses berlangsunya bisa terjadi secara bersamaan. Walaupun begitu perubahan sosial dan budaya sebetulnya ada perbedaan.

Perubahan sosial bisa diartikan sebagai suatu transformasi budaya dan institusi sosial yang merupakan hasil dan proses yang secara terus menerus berlangsung serta memberikan kesan yang positif atau negatif. Bisa juga perubahan sosial diartikan sebagai bentuk perubahan fungsi kebudayaan serta tingkah laku manusia dalam masyarakat dari keadaan tertentu ke keadaan yang lain.

Di bawah ini adalah beberapa pengertian perubahan sosial menurut para ahli sosialogi.
  • Menurut Max Iver (dalam buku A Text Book of Sociology), pengertian perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan sosial atau perubahan pada keseimbangan hubungan sosial.
  • Menurut Kingsley Davis (dalam buku Human Society), perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada struktur serta fungsi masyarakat.
  • Menurut Gillin, perubahan sosial adalah variasi cara-cara hidup yang sudah diterima secara baik sebab perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk, kebudayaan material, ideologi ataupun sebab adanya difusi maupun penemuan baru di dalam masyarakat sosial.
  • Menurut Bruce J. Cohen (dalam buku Sosiologi: suatu pengantar: terjemaahan), perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi. Dalam perubahan itu syratnya yaitu sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai budaya dan sosial masyarakat.
  • Menurut Selo Sumardjan (dalam buku Perubahan Sosial di Yogyakarta), perubahan sosial yaitu semua prubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam sebuah masyarakat.
  • Menurut Roucek dan Warren (dalam buku Sociology), perubahan sosial adalah proses sosial atau dalam struktur masyarakat.

Sehingga, bisa disimpulkan kalau perubahan sosial yaitu perubahan fungsi dan struktur sosialnya. Karena itulah perubahan sosial berhubungan erat dengan perubahan kebudayaan. Serta perubahaan sosial sering dijumpai berakibat pada perubahan budaya. Apabila pengertian perubahan sosial sudah dijelaskan diatas, lalu apa  yang dimaksud perubahan sosial budaya? Dibawah ini adalah penjelasan tentang pengertian perubahan sosial budaya menurut beberapa tokoh.
  • Menurut W. Kornblum (dalam buku Sociology in Changing World), perubahan sosial budaya yaitu perubahan sebuah budaya masyarakat bertahap dalam kurun waktu yang cukup lama.
  • Menurut Max Weber (dalam buku Sociological Writings), perubahan sosial budaya yaitu perubahan situasi masyarakat sebagai akibat dari ketidak sesuaian unsur-unsur.

Demikian penjelasan dari kami tentang Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait