Skip to main content

Pengertian Perubahan Evolusi dan Revolusi serta Contohnya

Pengertian perubahan evolusi dan revolusi serta contohnya – Perubahan sosial budaya bisa dilihat berdasarkan cepat atau lambatnya perubahan yang berlangsung. Berdasarkan pandangan tersebut maka perubahan sosial budaya terbagi menjadi dua yaitu perubahan sosial evolusi dan revolusi. Apa itu perubahan evolusi dan revolusi? Mungkin teman-teman ada yang sudah tahu seperti apa arti perubahan evolusi dan revolusi, namun jika belum tahu pengertian perubahan sosial evolusi dan revolusi, maka kamu bisa menyimak pembahasan yang kami tulis pada kesempatan kali ini yaitu tentang pengertian perubahan sosial budaya secara evolusi dan revolusi beserta contohnya. Langsung saja berikut ini adalah penjelassan tentang pengertian dan contoh perubahan evolusi dan revolusi.

Pengertian Perubahan Evolusi dan Revolusi serta Contohnya

Pengertian Perubahan Evolusi dan Revolusi

Pengertian perubahan sosial secara evolusi dan revolusi adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Perubahan Evolusi

Perubahan evolusi adalah sebuah perubahan sosial yang terjadi pada proses yang lambat serta membutuhkan waktu yang lumayan lama tanpa adanya kehendak tertentu dari masyarakat yang yang ada sangkut pautnya. Terjadinya perubahan evolusi yaitu dikarenakan terdapatnya dorongan dari usaha masyarakat agar menyesuaikan diri pada keperluan atau kebutuhan hidup pada perkembangan masyarakat di waktu tertentu.

Pengertian Perubahan Revolusi

Perubahan revolusi adalah sebuah perubahan yang secara cepat berlangsung dan tidak adanya rencana atau kehendak sebelumnya. Terjadinya perubahan revolusi dapat disebabkan karena telah ada rencana sebelumnya atau tidak ada sama sekali. Biasanya revolusi diawali dengan adanya konflik atau ketegangan dalam masyarakat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Perubahan Evolusi dan Revolusi

Berikut ini adalah contoh dari perubahan evolusi dan revolusi:

Contoh Perubahan Evolusi

Pengertian Perubahan Evolusi dan Revolusi

Contoh perubahan evolusi adalah modernisasi menyebabkan terjadinya perubahan sistem perbankan dan sistem transportasi.

Contoh Perubahan Revolusi

Pengertian Perubahan Evolusi dan Revolusi

Contoh perubahan revolusi adalah adanya peristiwa revolusi industi di Inggris. Industri terjadi di mana pada tahap awal yaitu tanpa mesin, kemudian berubah menjadi tahap produksi dengan memakai mesin.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bagaimana sekarang sudah jelaskan apa yang dimaksud dengan perubahan evolusi dan revolusi. Semoga artikel tentang pengertian evolusi dan revolusi dalam perubahan sosial beserta contohnya yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar