Skip to main content

Pengertian Isotop

Pengertian IsotopIsotop adalah/ Isotop yaitu/ Isotop merupakan/ yang dimaksud Isotop/ arti Isotop/ definisi Isotop.
definisi Isotop

Isotop adalah unsur-unsur sejenis yang memiliki nomor atom sama, tetapi memiliki massa atom berbeda atau unsur-unsur sejenis yang memiliki jumlah proton sama, tetapi jumlah neutronnya berbeda. Sebagai contoh, atom-atom oksigen di alam terdiri atas tiga jenis atom oksigen yang memiliki massa 16, 17, dan 18. Lambang atom untuk ketiga jenis isotp ini adalah 168 O, 178 O , dan 188 O.

Semua unsure di alam terdiri atas isotop-isotop. Jumlah isotop untuk masing-masing unsur berbeda ada yang dua, tiga, bahkan timah memiliki sepuluh jenis isotp. Sifat fisik dan kimia isotop-isotop tersebut sama persis, yang membedakan mereka hanyalah massa atomnya. Perbedaan massa atom dari isotop disebabkan oleh perbedaan jumlah neuron dalam inti atomnya. Beberapa contoh isiptop lainnya sebagai berikut:
  1. Isotop H: 11 H ; 21 H ; dan 31H.
  2. Isotop C: 126 C ; 126 C ; dan 146 C.
  3. Isotop Cl: 3717 Cl dan 3517 Cl.
  4. Isotop 5428 Fe ; 5623 Fe ; 5728 Fe ; dan 5828 Fe.

Demikian informasi tentang Pengertian Isotop semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar