Pengertian Tes HIV

Pengertian Tes HIV - HIV adalah singkatan dari human immunodeficiency virus yaitu virus yang menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh manusia, sehingga tubuh manusia menjadi lemah dalam melawan infeksi. Seseorang yang terinfeksi HIV tanpa pengobatan dapat bertahan hidup selama 9 hingga 11 tahun setelah terinfeksi, tergantung dari apa tipenya. Dengan kata lain, hadirnya virus ini dalam tubuh manusia bisa menyebabkan kekurangan sistem imun.Nah untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus HIV atau tidak bisa dengan melakukan tes HIV. Tahukah kamu apa itu tes HIV? Seperti apa yang dimaksud tes HIV itu? Maka dari itulah dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang apa pengertian tes HIV. Berikut ini penjelasannya silahkan disimak dengan baik.
Pengertian Tes HIV

Pengertian Tes HIV

Tes HIV adalah suatu tes darah yang khusus dipakai untuk memastikan seseorang telah terinfeksi HIV atau tidak. Terjadinya infeksi HIV ini dapat dideteksi dengan mengetes adanya zat anti atau disebut antibodi terhadap HIV di dalam darah seseorang.

Macam macam Tes HIV

Terdapat dua macam tes yang saat ini sering dipakai untuk menentukan adanya antibodi HIV. Berikut ini adalah macam macam tes untuk mendeteksi HIV tersebut:

1. Tes secara ELISA (Enzyme-linked Immunosorbent Assay)
Pemeriksaan aadanya antibodi terhadap HIV secara ELISA pada umumnya dipakai untuk penyaringan adanya infeksi HIV atau screening darah donor tranfusi darah. Hasil positif dari tes ELISA ini masih perlu dipastikan dengan pemeriksaan lanjutan melalui tes secara western blot.

2. Tes secara Imunoblot atau western blot
Pemeriksaan secara western blot lebih spesifik terhadap HIV, meskipun dari aspek pembiayaan lebih mahal dan lebih sulit dilakukan. Oleh karena itu, cara western blot tidak digunakan untuk penyaringan, tetapi digunakan untuk memastikan hasil tes ELISA.

Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang Pengertian Tes HIV. Semoga penjelasan yang ada di blog temukan pengertian ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru