--> Skip to main content

Pengertian Gobak Sodor Dan Cara Bermain Gobak Sodor

Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki beragam kesenian dan budaya, salah satunya yaitu permainan tradisional. Di Indonesia, hampir setiap daerah pasti memiliki permainan tradisional. Misalnya di daerah Jawa Tengah memiliki sebuah permainan yang disebut gobak sodor. Di jaman dahulu, permainan ini sangat popular. Masyarakat terutama anak-anak sering menghabiskan waktu luangnya untuk bermain gobak sodor. Lalu sebenarnya apa itu gobak sodor dan bagaimana cara bermain gobak sodor? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Gobak Sodor Dan Cara Bermain Gobak Sodor

Pengertian Gobak Sodor

Gobak sodor berasal dari dua kata yaitu gobak dan sodor. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), gobak adalah permainan tradisional dengan menggunakan lapangan yang berbentuk segi empat bepetak-petak. Setiap garis akan dijaga oleh pemain yang tugasnya sebagai penjaga, pihak pemain penyerang yang masuk harus dapat melewati garis, apabila terkena sentuh oleh pemain penjaga maka harus diganti.

Sedangkan kata sodor adalah menyodorkan ke depan atau mengulurkan tangan. Pemain yang tugasnya sebagai penjaga menyodorkan badan dan tangannya untuk menyentuh pihak pemain penyerang yang akan melewati garis.

Jadi pengertian gobak sodor adalah permainan tradisional, di mana dalam permainan ini ada pemain yang bertugas menghadang pemain penyerang supaya tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik. Dalam permainan ini untuk dapat meraih kemenangan semua anggota grup secara lengkap harus melakukan proses bolak-balik pada area lapangan yang telah ditentukan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Bermain Gobak Sodor

Berikut ini adalah cara bermain gobak sodor dan peraturannya:

  • Permaian gobak sodor dimainkan secara tim atau grup yang terdiri dari 2 tim atau grup yaitu tim penjaga dan tim penyerang. Tiap tim terdiri dari 3 sampai 5 orang.
  • Gobak sodor biasanya dimainkan di lapangan, berbentuk segiempat dengan ukuran 9 x 4 meter yang terbagi menjadi 6 bagian.
  • Anggota tim yang sedang mendapatkan giliran sebagai penjaga garis terbagi menjadi 2, yaitu menjaga di garis horizontal dan garis batas vertikal.
  • Bagi pemain penjaga garis horizontal, mereka harus berusaha menghalangi pemain penyerang supaya tidak melewati garis batas yang dijaganya.
  • Bagi pemain penjaga garis vertikal, akan mempunyai akses keseluruhan garis batas vertikal yang letaknya berada di bagian tengah lapangan.
  • Untuk pemain penyerang harus berusaha melewati garis hingga garis yang paling belakang. Setelah itu pemain penyerang harus kembali lagi untuk melewati garis penjagaan hingga kembali melewati garis yang paling awal. Untuk dapat melewati penjagaan rekan tim penyerang bisa membantu mengecoh penjaga supaya rekannya bisa melewati garis.
  • Untuk dapat meraih kemenangan semua anggota tim penyerang secara lengkap harus bisa lolos melewati penjagaan garis hingga gairs terakhir kemudian harus lolos kembali lagi hingga ke garis yang paling awal.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Bermain Gobak Sodor

Adapun beberapa manfaat permainan gobak sodor adalah sebagai berikut ini:

  • Dapat memberikan kegembiraan.
  • Aktivitas fisik dalam permainan gobak sodor dapat menyehatkan badan (olahraga).
  • Melatih kegesitan atau kelincahan, karena dalam permainan ini pemain harus bergerak cepat untuk memenangkan permainan.
  • Melatih kerjasama dalam sebuah regu atau tim secara kompak
  • Untuk melatih kepemimpinan, karena dalam permainan ini setiap tim harus memilih pemimpinnya.
  • Melatih tanggung jawab dan membangun sportivitas.
  • Mengasah kemampuan dalam mengatur strategi untuk dapat memenangkan permainan.
  • Melatih semangat juang pantang menyerah untuk meraih kemenangan dalam permainan.
  • Sebagai alternatif permainan tradisional yang tepat yang dapat meminimalkan intensitas penggunaan gadget pada anak-anak.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian gobak sodor dan cara bermain gobak sodor beserta manfaatnya. Semoga penjelasan yang dapat kami sampaikan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar