--> Skip to main content
Menu

Cara Pemimpin Mengambil Keputusan Yang Baik

Cara pemimpin mengambil keputusan menjadi satu dari sekian banyak hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Selain itu dalam mengambil keputusan juga dapat menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pemimpin. Hal itu karena dalam kehidupan soial, tentu ada masalah yang cukup rumit dan sulit untuk diselesaikan. Nah, disinilah kearifan seorang pemimpin diperlukan dalam mengambil keputusan supaya masalah yang rumit tersebut bisa terselesaikan secara baik.

Cara Pemimpin Mengambil Keputusan Yang Baik

Apa Itu Pengambilan Keputusan?

Pengembailan keputusan adalah suatu keluaran atau hasil dari proses pemilihan alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang tersedia untuk digunakan sebagai suatu cara dalam memecahkan masalah. Dimana dalam setiap proses pengambilan keputusan akan menghasilkan satu pilihan final. Keluarannya dapat berupa suatu aksi atau tindakan maupun opini terhadap pilihan tersebut.

Seperti Apakah Keputusan Yang Baik?

Keputusan yang baik merupakan suatu tindakan dalam pengambilan keputusan yang dapat menyelesaikan masalah menggunakan cara-cara tertentu, dimana cara tersebut dapat diterima oleh banyak pihak.

Jadi, dalam pengambilan keputusan, seorang pemimpin bukan hanya melihat dari sudut pandang pribadinya saja. Namun, juga penting untuk memperhatikan beberapa pandangan dari orang lain supaya keputusan yang diambilnya bisa diterima oleh pihak-pihak yang bersangkutan. Lantas, bagaimanakah cara pengambilan keputusan yang baik? Simak penjelasan berikut.

Cara Pemimpin Mengambil Keputusan Yang Baik

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin dalam mengambil keputusan yang baik dan tepat. Adapun penjelasan tentang cara pemimpin dalam mengembil keputusan yang baik adalah sebagai beerikut ini:

1. Menguasai persoalan

Seorang pemimpin dalam mengambil sebuah keputusan perlu untuk menguasai dulu apa yang menjadi persoalannya. Pemimpin harus tahu apa yang akan dihadapinya. Baru kemudian, melakukan penyelidikan terhadap persoalan yang ada tersebut. Lalu, mempertimbangkan apa saja plus minusnya dari setiap pilihan yang ada.

2. Fokus pada tujuan

Mengambil keputusan secara sembarangan tentu akan sulit untuk menjalankannya. Untuk itulah dalam mengambil keputusan, seorang pemimpin harus menentukan apa tujuan yang hendak dicapai dengan mengambil keputusan tersebut. Setelah tujuan ditentukan, pastikan untuk selalu fokus pada tujuan tersebut.

3. Memiliki rencana alternatif

Dalam mengambil keputusan, memiliki rencana alternatif merupakan hal yang penting. Hal itu karena terkadang suatu keputusan mungkin dapat menghasilkan solusi yang silit untuk diterima oleh sebagian anggota. Dengan mengandalkan kreativitas, maka bisa mengkombinasikan satu keputusan dengan keputusan alternatif sehingga dapat mencapai tujuan yang lebih tepat.

4. Mempertimbangkan risiko

Sebagai pemimpin harus bisa mengukur segala kemungkinan yang dapat terjadi dari setiap pilihan yang ada. Misalnya kalau ambil keputusan A, nanti dampaknya bagaimana, kemudian kalau ambil keputusan B dampaknya bagaimana. Dalam hal ini pemimpin harus tahu dampak atau risiko yang terjadi ketika mengambil keputusan tersebut.

5. Tidak tergesa-gesa mengambil keputusan

Seorang pemimpin harusnya tidak boleh tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Keputusan itu harus bulat dan disepakati oleh semua pihak yang terkait. Seorang pemimpin harus bisa bisa tenang dan bersabar sehingga pikiran bisa menjadi lebih jernih. Dengan begitu akan sangat membantu dalam melihat secara lebih jelas tujuan dari keputusan yang hendak diambil.

6. Meminta pendapat

Apabila keputusan yang hendak diambil itu melibatkan banyak pihak, maka perlu minta pendapat dari pihak-pihak yang bersangkutan. Tujuannya supaya dikemudian hari keputusan yang telah diambil tidak menimbulkan terjadinya konflik atau permasalahan. Secara jelasnya, supaya keputusan yang diambil tersebut dapat diterima oleh semua pihak yang bersangkutan.

7. Membuat keputusan dan lakukan dengan sepenuh hati

Sesudah menguasai apa persoalannya dan meminta pendapat dari pihak yang bersangkutan, maka langkah selanjutnya dapat membuat suatu keputusan. Jika sudah membuat keputusan dengan matang, maka sebagai pemimpin harus bisa melakukan keputusan tersebut secara sepenuh hati tanpa ada rasa keraguan.

8. Mengevaluasi keputusan

Mengevaluasi keputusan secara berkala merupakan hal penting. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah keputusan yang telah diambil itu mempunyai hasil seperti apa yang diharapkan ataukah tidak.

Baca juga artikel tentag: Pengertian Sistem Pendukung keputusan

Itulah cara pemimpin mengambil keputusan yang baik, semoga informasi yang telah kami tulis di sini dapat bermanfaat bagi anda.