Pengertian Efek Tyndall

Pengertian Efek TyndallEfek Tyndall adalah/ Efek Tyndall yaitu/ Efek Tyndall merupakan/ yang dimaksud Efek Tyndall/ arti Efek Tyndall/ definisi Efek Tyndall.
Pengertian Efek Tyndall

Efek Tyndall adalah efek penghamburan cahaya oleh partikel-partikel debu yang terdapat dalam ruang. Jika seberkas cahaya yang dilewatkan pada suatu ruangyang gelap melalui suatu celah atau larutan, maka berkas cahaya atau sorotan cahaya akan tampak jelas, hal ini disebut dengan sistem koloid.
Seorang ahli fisika berkebangsaan Inggris yang bernama John Tyndall (1820 - 1893) adalah orang yang pertama kali menerangkan bahwa jika seberkas cahaya yang diarahkan ke dalam suatu medium akan terlihat suatu gejala yang mengandung partikel-partikel koloid. Di samping itu, dia berhasil menerangkan bahwa adanya penghubung cahaya dari daerah panjang gelombang biru yang disebabkan adanya partikel-partikel oksigen dan nitrogen di udara sehingga langit tampak berwarna biru.
Contoh efek Tyndall dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut.
- Terjadinya biru di langit pada siang hari dan warna merah atau jingga di langit pada saat matahari terbenam di ufuk barat. Udara jernih mengandung partikel-partikel koloid yang berupa debu, awan, dan kabut.
Partikel tersebut akan menghamburkan cahaya matahari yang melaluinya. Spektrum warna yang dihamburkan cahaya matahari mempunyai intensitas yang berbeda bergantung panjang gelombangnya. Semakin pendek panjang gelombang, akan semakin banyak cahaya yang dihamburkan. Cahaya matahari terdiri atas spektrum warna menurut panjang gelombang, yaitu ungu-nila-hijau-biru-kuning-jingga-merah. Spektrum cahaya ungu, nila, dan biru mempunyai panjang gelombang yang pendek sehingga mudah dihamburkan. Pada siang hari, warna langit tampak biru karena hamburan spektrum cahaya kuning, jingga dan merah.
- berkas sinar matahari melalui celah daun pohon-pohon pagi hari yang berkabut.
- Jika malam hari cuaca berkabut, berkas sinar lampu kendaraan terlihat sangat jelas karena dihamburkan oleh partikel-partikel air yang membentuk koloid dengan medium udara. Hal tersebut menyebabkan daya tembus lampu berkurang pada saat berkabut.
- Sorot lampu proyektor di gedung bioskop akan tampak jelas ketika ada asap rokok, sehingga gambar film yang ada di layar menjadi tidak jelas.
Itulah apa yang dimaksud Efek Tyndall, semoga dapat dengan mudah dipahami.

Artikel Terkait