Pengertian Koagulasi

Advertisement
Pengertian koagulasi – Koagulasi dalam ilmu kimia selalu berhubungan erat dengan sistem koloid. Seperti apakah koagulasi itu? Bisakah kamu menjelaskan tentang apa itu koagulasi? Bagi kamu pastinya sudah ada yang tahu dan bisa menjelaskan seperti apa definisi dari koagulasi. Namun pastinya diantara kamu masih ada yang belum tahu tentang apa arti dari koagulasi. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan koagulasi serta bagaimana proses koagulasi tersebut. Selain itu juga kami bahas tentang apa yang dimaksud koagulasi dan contohnya dan faktor penyebab koagulasi. Langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian Koagulasi

Pengertian Koagulasi

Koagulasi adalah penggumpalan partikel koloid dan membentuk endapan. Zat terdispersi tidak lagi berbentuk partikel-partikel koloid dengan terjadinya koagulasi, tetapi bergabung menjadi partikel yang lebih besar sehingga mengendap atau menggumpal. Atau pengertian koagulasi adalah sebuah proses perubahan larutan atau cairan menjadi gumpalan-gumpalan lunak baik itu secara keseluruhan atau hanya sebagian. Koagulasi bisa juga di definisikan sebagai sebuah proses penggumpalan suatu larutan atau cairan sehingga terbentuk padatan lunak atau keras seperti gel.

Proses Koagulasi

Koagulasi dapat terjadi karena pengaruh fisis, seperti pemanasan, pendinginan, dan pengadukan. Koagulasi secara kimia dapat terjadi dengan penambahan elektrolit yang mengandung ion-ion dengan muatan yang berlawanan dengan muatan partikel koloid. Akibat adanya muatan yang berlawanan akan terjadi penetralan muatan koloid sehingga partikel-partikelnya tidak lagi bermuatan. Hal ini menyebabkan kestabilan koloid akan terganggu dan terjadi pengendapan.

Contoh Koagulasi

Contoh koagulasi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut ini.
  • Pembentukan delta di muara sungai terjadi karena koloid tanah liat (lempung) dalam air sungai mengalami koagulasi ketika bercampur dengan elektrolit dalam air laut.
  • Karet dalam lateks digumpalkan dengan menambahkan asam format.
  • Lumpur koloidal dalam air sungai dapat digumpalkan dengan menambahkan tawas. Sol tanah liat dalam air sungai biasanya bermuatan negatif sehingga akan digumpalkan oleh ion Al 3+ dari tawas (alumunium sulfat).
  • Asap atau debu dari pabrik/ industri dapat digumpalkan dengan alat koagulasi listrik dari Cottrell. Asap dari pabrik rokok sebelum meninggalkan cerobong asap dialirkan melalui ujung-ujung logam yang tajam dan bermuatan pada tagangan tinggi (20.000 - 75.000 V). Ujung-ujung yang runcing akan mengisolasikan molekul-molekul dalam udara.

Faktor Penyebab Koagulasi

Faktor penyebab terjadinya koagulasi pada koloid antara lain yaitu:
  • Pemanasan, contohnya yaitu santan yang dipanaskan.
  • Penambahan koagulan, contohnya yaitu pada pembuatan tahu.
  • Aktivitas enzim atau mikroba, contohnya yaitu pada susu yang sudah basi.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa pengertian koagulasi. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru