--> Skip to main content

Pengertian Agen Cerdas – Konsep dan Contohnya Dalam Kecerdasan Buatan

Dalam bidang Artificial Intelligence/ kecerdasan buatan kita sering mendengar istilah Agen cerdas/ Intelligent Agent. Lalu apa itu agen cerdas? Nah, bagi kamu yang mungkin belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan agen cerdas? Maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian agen cerdas, konsep dan contoh agen cerdas dalam kecerdasan buatan di sini.

Agen Cerdas adalah

Pengertian Agen Cerdas

Agen merupakan segala sesuatu yang bisa dipandang sebagai entitas pada sebuah lingkungan yang mengamati atau merasakan lingkungannya melalui alat sensor dan bertindak melalui alat penggeraknya atau actuator. Agen cerdas adalah suatu agen yang ditanamkan kecerdasan yang dimiliki oleh seorang manusia sehingga bisa melakukan berbagai hal yang memerlukan kecerdasan seperti yang biasa dilakukan oleh manusia.

Dapat pula didefinisikan bahwa agen cerdas merupakan sebuah agen yang dapat menerima persepsi dari lingkungan dan melakukan suatu tindakan. Tujuannya yang utama yaitu menciptakan kecerdasan buatan sehingga agen tersebut bisa berpikir dan bertindak laykanya seperti manusia.

Pengertian Agen Cerdas Menurut Para Ahli

Russel dan Norvig (1995) memberikan definisi bahwa agen merupakan “Segala sesuatu yang bisa dipandang merasakan atau menangkap lingkungannya melalui suatu peralatan sensor dan bertindak terhadap lingkungannya melalui efektor”. Sensor merupakan bagian yang dapat meransang tindakan agen. Sementara efektor merupakan bagian yang digunakan oleh agen untuk melakukan suatu tindakan. Pada agen berupa robot, infrared atau kamera bertindak sebagai sensor dan motor bertindak sebagai efektornya. Dengan kata lain agen cerdas (dalam bahasa inggris: Intelligent Agent) adalah perangkat lunak yang dapat bertindak seperti orang yang mampu berinteraksi dengan lingkungan.

Sementara menurut Woold-ridge, agen cerdas adalah suatu sistem komputer yang berada pada suatu lingkungan dan mempunyai kemampuan untuk bertindak secara otomatis sesuai dengan sasaran yang dirancang di dalam situasi lingkungan tersebut.

Konsep Agen Cerdas

Konsep agen cerdas ada 4 yaitu:

  • Environtment adalah lingkungan yang akan memberikan sensor kepada agen.
  • Percepts adalah ketika agen menerima sensor yang diberikan oleh lingkungan.
  • Action adalah aksi yang dilakukan agen setelah mendapatkan sensor dari lingkungan.
  • Goal adalah tujuan utama yang dicapai agen setelah melakukan action.

Contoh Agen Cerdas Dalam Kecerdasan Buatan

Berikut ini adalah beberapa contoh agen cerdas dalam kecerdasan buatan:

  • Agen spreadsheet, untuk membuat program spreadsheet lebih mudah digunakan oleh pemakai (Office Assistant).
  • Agen sistem operasi, untuk membantu dalam penggunaan sistem operasi.
  • Agen perdagangan elektronis, untuk membantu pengguna yang akan melakukan pembelian atau belanja secara online.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian agen cerdas dan contoh agen cerdas dalam kecerdasan buatan, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar