Pengertian UML

Advertisement
Pengertian UML - Di dunia hingga era tahun 1990 berbagai macam metodologi pemodelan berorientasi objek telah bermunculan. Diantaranya yaitu metodologi coad, metodologi booch, metodologi OMT, metodologi OOSe, metodologi wirfs-brock, metodologi shlaer-mellor, dan lain-lain. Kala itu terkenal akan persaingan metodologi dalam pendesainan berorientasi objek. Dari setiap metodologi membawa notasi sendiri-sendiri yang menyebabkan timbulnya suatu masalah baru jika kita kita bekerjasama dengan perusahaan lain/ kelompok lain yang memakai metodologi yang berbeda.

Diawali pada tahun 1994 bulan Oktober, Booch, Rumbaugh dan Jacobson merupakan seorang tokoh yang dapat dikatakan kalau metodologinya paling banyak dipakai dan mempelopori usaha untuk penyatuan metodologi pendesainan berorientasi objek. Di tahun 1995 lah draft pertama UML (versi 0.8) direlease. Semenjak tahun 1996 pengembangan UML dipegang oleh OMG (Object Management Group). Tahukah anda apa itu UML? Jika kamu belum tahu apa yang dimaksud UML, maka di sini kami akan menjelaskan arti UML atau definisi UML (unified modeling language).
Pengertian UML

Pengertian UML

UML disebut juga Unfield Modelling Language yaitu sistem pemodelan/ arsitektur yang bekerja dalam Object Oriented Analysiss and Design (OOAD) dengan bahasa yang konsisten untuk mengkonstruksikan, menentukan, memvisualisasikan dan mendokumentasikan informasi yang dihasilkan dalam proses rekayasa software, informasi tersebut bisa berupa deskripsi, model atau software.

Unified Modeling Language (UML) adalah teknik dan himpunan struktur untuk pemodelan desain program berorientasi objek / OOP dan aplikasinya. UML merupakan metodologi yang digunakan untuk membangun sistem OOP dan sekumpulan perangkat tool untuk mendukung pengembangan sistem UML tersebut. Saat ini UML telah banyak digunakan oleh para praktisi OOP dan UML merupakan dasar bagi tool/ perangkat desain OOP.

UML adalah sebuah bahasa yang dipakai untuk menentukan, membangun, memvisualisasikan, serta mendokumentasikan sebuah sistem informasi. UML dikembangkan sebagai sebuah alat untuk melakukan analisis serta desain berorientasi objek. Selain itu UML dipakai untuk memahami serta mendokumentasikan setiap sistem informasi. Dalam dunia industri penggunaan UML terus semakin meningkat. Hal tersebutlah yang merupakan standar terbuka yang menjadikannya sebagai sebuah bahasa pemodelan yang umum dipakai dalam dunia industri perangkat lunak serta dalam pengembangan sistem.

Pengertian UML menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian uml menurut para ahli diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

Pengertian UML menurut Booch (2005:7)

UML adalah bahasa standar yang digunakan utnuk membuat rancangan software. Biasanya UML digunakan untuk membangun dan menggambarkan, dokumen artifak dari software-intensive system.

Pengertian UML menurut Nugroho (2009:4)

UML atau Unified Modeling Language adlah sebuah metodologi kolaborasi atara metoda-metoda Booch, Object Modeling Technique (OMT), Object Oriented Software Enggineering (OOSE) serta beberapa metoda yang lainnya. UML merupakan metodologi yang paling sering dipakai untuk analisa dan perancangan sistem sekarang ini. Dengan metodologi berorientasi objek maka dapat mengadaptasi dengan maraknya pemakaian bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP).

Pengertian UML menurut Nugroho (2010:6)

UML atau Unified Modeling Language adalah ‘bahasa’ pemodelan untuk perangkat lunak atau untuk sistem yang berparadigma ‘berorientasi objek’. Sesungguhnya pemodelan atau modeling digunakan untuk penyederhanaan permasalahan yang kompleks sedemikian rupa sehingga lebih mudah dipahami dan dipelajari.

Notasi UML

Terdapat beberapa notasi UML diagram. Notasi UML adalah sebagai berikut ini:
  • Actor yaitu bisa berupa orang, objek lain seperti perangkat kras yang berinteraksi dengan sistem.
  • Class yaitu kumpulan objek yang mempunyai atribut dan operasi. Objek bisa berupa tempat, orang, benda atau konsep-konsep dalam dunia nyata yang berguna untuk sebuah aplikasi. Klas mempunyai notasi yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu: nama klas, atribut dan operasi. Atribut memakai kata benda yang menggambarkan informasi yang akan disimpan di dalamnya. Sedangkan operasi memakai kata kerja yang menggambarkan apa yang bisa dilakukan objek tersebut.
  • Interface yaitu kumpulan dari operasi tanpa implementasi dari sebuah klas.
  • Use case yaitu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh aktor dan sistem untuk menggapai tujuan.
  • Interaction yaitu dipakai untuk menunjukan alir pesan antar objek.
  • Package yaitu sebuah wadah yang dipakai untuk mengelompokkan elemen-elemen dari sistem yang dirancang/ dibangun .
  • Note yaitu komentar atau keterangan tambahan pada sebuah elemen sehingga bisa terlampir pada sebuah model.
  • Dependency yaitu relasi yang menunjukan perubahan pada sebuah elemen memberi pengaruh kepada elemen yang lainnya.
  • Association yaitu navigasi antar klas yang menghubungkan beberapa objek.
  • Generalization yaitu menggambarkan hubungan antar elemen dari yang umum ke elemen yang khusus.
  • Relalization yaitu menggambarkan hubungan elemen yang ada di bagian tanda panah akan merealisasikan pernyataan elemen yang ada pada bagian tanda panah.

Diagram UML

Diagram Grafis UML yang untuk memodelkan aplikasi berorientasi objek. Macam-macam diagram UML adalah sebagai berikut
  • Use Case Diagram: menjelaskan apa yang akan dilakukan sistem bukan siapa yang akan berinteraksi dengan sistem.
  • Class Diagram: menggambarkan hubungan antar clas.
  • Behavior Diagram:
  1. Statechart Diagram: menunjukan transisi perubahan dari satu keadaan ke keadaan berikutnya.
  2. Activity Diagram: menggambarkan aktivitas apa saja yang ada dalam sistem dari awal sampai akhir.
  • Interaction Diagram:
  1. Squence Diagram: urutan proses secara detail yang dilakukan oleh sistem untuk mencapai tujuan use case.
  2. Collaboration Diagram: memberikan gambaran tentang interaksi antar objek namun lebih menekankan pada peranan tiap-tiap objek.
  • Implementation Diagram:
  1. Component Diagram: memberikan gambaran struktur dan hubungan antar komponen perangkat lunak.
  2. Development Diagram: memberikan gambaran dimana komponen akan diletakkan.

Demikian penjelasan tentang pengertian UML yang dapat saya bagikan dalam kesempatan ini. Semoga apa yang saya bagikan dalam blog temukan pengertian ini bisa menjadi referensi yang baik.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru