Pengertian Penyakit

Advertisement
Pengertian Penyakit - Apa yang dimaksud penyakit? Sering kali kita dengan mudah menyebut sesuatu keadaan atau suatu hal sebagai sebuah penyakit, tetapi tidak sedikit diantara kita yang tidak mengetahui sebenarnya apa itu penyakit. Untuk itulah dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang definisi penyakit atau arti penyakit. Mungkin juga diantara anda ada yang masih bertanya, kenapa kita perlu tahu apa itu penyakit? Karena dengan tahu apa itu penyakit kita bisa tahu mana penyakit yang menular, mana penyakit yang tidak menular. Selain itu untuk mengobati suatu penyakit, kita harus tahu apa penyakitnya. Oke Langsung saja berikut ini penjelasan dari kami tentang pengertian penyakit.
Pengertian Penyakit

Pengertian Penyakit

Penyakit adalah suatu keadaan tidak normal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidak nyamanan, disfungsi, atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Penyakit dibedakan menjadi penyakit menular, penyakit tidak menular, dan penyakit kronis.

Penyakit menular adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman yang menyerang tubuh manusia. Kuman dapat berupa virus, bakteri , amuba, atau jamur. Beberapa jenis penyakit menular adalah antraks, beguk, batuk, rejan (pertusis), beri-beri, cacingan, cacar air (varicella), campak, cikungunya, demam berdarah, demam kelenjar, diare, disentri amuba, eritema, hipatitis A, hepatitis B, hepatitis C, influenza, kolera, lepra, malaria, penyakit tangan, kaki, dan mulut, rabies, radang lambung dan usus, rebula, tetanus, tuberkulosis, konjungtivitis, kurap, kudis, flu burung, HIV, dan sebagainya.

Penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak disebabkan oleh kuman, tetapi disebabkan karena adanya problem fisiologis atau metabolisme pada jaringan tubuh manusia. Penyakit kronis adalah penyakit yang berlangsung sangat lama. Beberapa penyakit kronis yang sering menyebabkan kematian kepada penderitanya, antara lain AIDS, serangan jantung, kanker strok, diabetes, dan sebagainya.

Pengertian Penyakit Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi tentang penyakit menurut para ahli, diantarnya yaitu:

Pengertian penyakit menurut Thomas Timmreck
Penyakit adalah suatu keadaan dimana terdapat gangguan terhadap bentuk atau fungsi dari salah satu bagian tubuh yang dapat membuat tubuh menjadi tidak bisa bekerja secara normal.

Pengertian penyakit menurut DR. Beate Jacob
Penyakit yaitu suatu penyimpangan dari keadaan atau kondisi tubuh yang normal menuju ketidak harmonisan jiwa.

Pengertian penyakit menurut Kathleen Meehan Arias
Penyakit adalah suatu kesakitan yang umumnya memiliki setidaknya 2 sifat dari kriteria-kriteria: perubahan anatomi yang konsisten,sudah diketahuinya agen atiologik, sudah teridentifikasinya bebarapa gejala atau tanda-tanda tertentu.

Pengertian penyakit menurut Elizabeth J. Crown
Penyakit yaitu perihal hadirnya sekumpulan respons tubuh yang tidak normal terhadap agen, dimana manusia mempunyai toleransi yang begitu terbatas atau bahkan tidak mempunyai toleransi sama sekali.

Pengertian penyakit menurut Munadjad Iskandar
Penyakti adalah suatu proses alami yang normal terjadi pada tubuh manusia yang harus dihadapi dan tidak perlu untuk dimusuhi.

Pengertian penyakit menurut George Pickett dan John J. Hanlon
Penyakit yaitu suatu fungsi dari kekuatan agen penyebabnya dan sistem kekebalan tubuh manusia.

Pengertian penyakit menurut DR. Eko Dudiarto
Penyakit adalah kegagalan mekanisme adaptasi suatu organisme untuk bereaksi dengan tepat terhadap setiap rangsangan atau tekanan yang menimbulkan gangguan pada struktur atau funsi organ serta sistem dalam tubuh.

Pengertian penyakit menurut Azizan Haji Baharuddin
Penyakti yaitu suatu kondisi atau keadaan yang disebabkan rusaknya keseimbangan fungsi tubuh serta beberapa dari bagian tubuh manusia.

Pengertian penyakit menurut Wahyudin Rajab, M. Epid
Penyakit yaitu suatu keadaan yang sifatnya objektif an rasa sakit bersifat subjektif yang merupakan dampaknya.

Demikian penjelasan dari saya tentang Pengertian Penyakit. Semoga penjelasan yang terdapat dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru