--> Skip to main content

Pengertian E-learning, Karakteristik dan Manfaatnya

Seiring dengan semakin berkembanya teknologi, banyak istilah yang bermunculan, salah satunya yaitu istilah e-learning. Nah, apa itu e-learning? Nah bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud dengan e-learning kamu bisa menyimak pembahasan ini. Selain membahas pengertian e-learning, di sini juga akan kami bahas tentang karakteristik dan manfaat e-learning.

E-learning yaitu

Pengertian E-learning

E-learning atau yang sering disebut sebagai e-education merupakan kegiatan belajar yang dilakukan pada tempat yang saling berjauhan dengan memanfaatkan media tertentu, misalnya Volp, Skype, dan sebagainya. Di Indonesia juga terdapat program belajar jarak jauh, misalnya di Universitas Terbuka. Internet merupakan sebuah media komunikasi yang murah dan dapat memungkinkan terjadinya dialog antara seseorang dengan orang lain atau yang dikenal dengan istilah one to one communication dan dialog seseorang dengan banyak orang atau dikenal dengan istilah one to many communication. Selain itu, internet juga dapat memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui teleconference. Pemanfaatan internet dapat membuat proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan hasil yang didapatkan bisa menjadi lebih optimal.

E-learning pada dasarnya adalah sebuah metode atau konsep pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Jadi e-leraning bisa juga didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang dilakukan dari jarak jauh yang menggabungkan prinsip pembelajaran yang dipadukan dengan teknologi. Dengan kata lain, e-learning ini merupakan system pembelajaran yang tidak menitikberatkan pertemuan tatap muka secara langsung antara guru dengan siswa di dalam sebuah kelas. Tetapi, kegiatan belajar dilakukan melalui proses digital yang bisa diakses melalui sebuah perangkat.

Karakteristik E-Learning

Dalam pelaksanaan e-learning terdapat beberapa hal yang menjadi karakteristik e-leraning. Karakteristik yang pertama jika dilihat dari segi epistimologi atau bahasa e-learning berarti pembelajaran elektronik atau pembelajaran online maka dapat dikatakan kalau metode ini itu memanfaatkan jasa teknologi elektronik & digital.

Karakteristik e-leraning selanjutnya yaitu tentang bahan ajarnya. Bahan ajar yang digunakan untuk e-learning biasanya bahan ajar yang bersifat mandiri dalam bentuk digital, yang tersimpan dalam sebuah sistem komputasi. Melalui sistem tersebut guru maupun siswa bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja menggunakan sebuah perangkat. Selain itu, karakteristik e-learning juga dapat membuat jadwal pembelajaran, membuat kurikulum dan administrasi pendidikan yang dapat diakses melalui sebuah jaringan computer setiap saat.

Manfaat E-learning

Manfaat e-learning dapat dirasakan oleh semua pihak. Adapun beberapa manfaat e-learning adalah sebagai berikut ini.

  1. Menunjang proses pembelajaran
  2. Memberikan kemudahan bagi siswa dalam mendapatkan materi secara optimal
  3. Bagi pengelola pembelajaran dapat memantau perkembangan siswa dengan mudah dan cepat
  4. Waktu belajar menjadi lebih fleksibel
  5. Lebih menghemat biaya pembelajaran

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan tentang apa Pengertian E-learning, semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bisa membantu anda.

Buka Komentar
Tutup Komentar