--> Skip to main content
Menu

Pengertian Daerah Bentik

Pengertian Daerah BentikDaerah Bentik adalah/ Daerah Bentik yaitu/ Daerah Bentik merupakan/ yang dimaksud Daerah Bentik/ arti Daerah Bentik/ definisi Daerah Bentik.
Daerah Bentik adalah

Daerah Bentik merupakan daerah dasar danau tempat terdapatnya bentos dan sisa-sisa organisme mati. Berdasarkan produksi materi organiknya, danau dibedakan menjadi berikut.
- Danau oligotrofik
Oligotrofik merupakan sebutan untuk danau yang dalam dan kekurangan makanan, karena fitoplankton di daerah limnetik tidak produktif. Ciri-cirinya antara lain airnya jernih sekali, dihuni oleh sedikit organisme, dan di dasar air banyak terdapat oksigen sepanjang tahun.
- Danau Eutrofik
Eutrofik merupakan sebutan untuk danau yang dangkal dan kaya akan kandungan makanan karena fitoplankton sangat produktif. Ciri-cirinya adalah airnya keruh, terdapat bermacam-macam organisme, dan oksigen terdapat di daerah profundal.
Daerah oligotrofik dapat berkembang menjadi danau eutrofik akibat adanya materi-materi organik dan endapan yang masuk. Perubahan ini juga dapat dipercepat oleh aktivitas manusia, misalnya dari sisa-sisa pupuk buatan dan timbunan sampah kota yang memperkaya danau dengan sejumlah nitrogen dan fosfor. Akibatnya terjadi peledakan populasi ganggang atau blooming, sehingga terjadi produksi detritus yang berlebihan yang akhirnya menghasilkan suplai oksigen di danau tersebut. Peristiwa seperti ini disebut eutrofikasi. Eutrofikasi membuat air tidak dapat digunakan lagi dan mengurangi nilai keindahan danau.
Demikkian penjelasan dari kami tentang Apa yang dimaksud Daerah Bentik, mudah-mudahan penjelasan tersebut dapat membantu anda.