--> Skip to main content
Menu

Pengertian NPV (Net Present Value)

Pengertian NPV (Net Present Value)NPV (Net Present Value) adalah/ NPV (Net Present Value) yaitu/ NPV (Net Present Value) merupakan/ yang dimaksud NPV (Net Present Value)/ arti NPV (Net Present Value)/ definisi NPV (Net Present Value).
NPV (Net Present Value) adalah

NPV (Net Present Value) adalah selisih antara pengeluaran dan pemasukan yang telah didiskon dengan menggunakan social opportunity cost of capital sebagai diskon faktor. Dengan kata lain merupakan arus kas yang diperkirakan pada masa yang akan datang yang didiskontokan pada saat ini. Untuk menghitung NPV diperlukan data tentang perkiraan biaya investasi, biaya operasional, dan pemeliharaan, serta perkiraan manfaat/ benefit dari proyek yang direncanakan.
Rumus yang digunakan Net Present value yaitu
Arus kas masuk dan keluar yang didiskonkan pada saat ini (present value (PV)) yang dijumlahkan selama masa hidup dari proyek tersebut dihitung dengan rumus.

Pengertian NPV (Net Present Value)
Dimana:
t= waktu arus kas
i= suku bunga diskonto yang digunakan
Rt= arus kas bersih (the net cash flow) dalam waktu t
Arti perhitungan NPV yaitu:
Pada tabel berikut ditunjukkan arti perhitungan NPV terhadap keputusan investasi yang akan dilakukan.

Bila
Berarti
Maka
NPV > 0
Investasi yang dilakukan memberikan manfaat bagi perusahaan
Proyek bisa dijalankan
NPV < 0
Investasi yang dilakukan akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan
Proyek ditolak
NPV = 0
Investasi yang dilakukan tidak mengakibatkan perusahaan untung ataupun merugi
Kalau proyek dilaksanakan atau tidak dilaksanakan tidak berpengaruh pada keuangan perusahaan. Keputusan harus ditetapkan dengan menggunakan kriteria lain misalnya dampak inestasi terhadap positioning perusahaan.
Itulah penjelasan yang dapat saya bagikan tentang apa yang dimaksud NPV (Net Present Value), semoga yang saya jelaskan di atas dapat bermanfaat.