Pengertian Evaluasi Dampak

Advertisement
Pengertian evaluasi dampak - Dalam melaksanakan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), kita memerlukan 3 tahapan yang sangat penting yaitu identifikasi dampak, prakiraan dampak dan evaluasi dampak. Untuk identifikasi dampak silahkan baca artikel: Pengertian Identifikasi Dampak Lingkungan, dan untuk prakiraan dampak silahkan baca artikel: Pengertian Prakiraan Dampak. Sedangkan untuk pengertian evaluasi dampak lingkungan akan kami bahas dalam pembahasan kali ini. Nah tahukah kamu apa itu evaluasi dampak? Jika kamu belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan evaluasi dampak silahkan ikuti pembahasannya berikut ini. Dalam pembahasan di bawah ini juga kami sertakan tujuan evaluasi dampak, fungsi evaluasi dampak.
Pengertian Evaluasi Dampak

Pengertian Evaluasi Dampak

Evaluasi dampak adalah suatu kegiatan melakukan penilaian terhadap perubahan-perubahan dalam kondisi kehidupan kelompok sasaran, yang diakibatkan oleh proyek atau program dan merupakan hasil kegiatan-kegiatan proyek atau program. Pada konteks ini bisa diuraikan kalau kegiatan evaluasi dampak itu ialah kegiatan menilai suatu perubahan kondisi kehidupan kelompok sasaran sebagai akibat dari adanya proyek atau program, sehingga bisa diketahui apakah proyek tersebut efektif ataukah tidak. Pada umumnya evaluasi dampak dilaksanakan sesudah kegiatan berakhir dan mempunyai jeda waktu misalkan 26 bulan sesudah kegiatan.

Evaluasi dampak merupakan penelaahan penting dari rencana usaha atau kegiatan pembangunan secara menyeluruh. Dari hasil evaluasi dampak tersebut dapat diketahui kelayakan lingkungan suatu proyek, pengaruh proyek terhadap masyarakat yang terkena dampak (kerugian dan manfaat), serta menjadi dasar untuk menetapkan dampak-dampak negatif yang perlu dilakukan pengelolaan dan dampak-dampak positif yang perlu dikembangkan/ ditingkatkan. Hasil evaluasi ini kemudian dijadikan masukan bagi instansi berwenang untuk memutuskan kelayakan lingkungan dari rencana suatu proyek. Evaluasi dampak penting dilakukan dengan pendekatan secara menyeluruh, meliputi sebab akibat dampak penting yang ditimbulkan, sifat dan karakteristik dampak, serta pola persebaran dampak.

Tujuan Evaluasi Dampak

Tujuan dari evaluasi dampak dalam amdal adalah:
  • Untuk mengetahui apakah semua input yang telah diberikan sesuai dengan jadwal atau rencana awal atau tidak.
  • Sasaran atu tujuan kegiatan telah tercapai atau kah tidak.
  • Untuk memperbaiki tata cara dalam mengelola ataupun merevisi kembali rancangan reklamasi yang telah dikerjakan. Dengan begitu akan memperoleh hasil yang maksimal tanpa adanya kesalahan.

Fungsi Evaluasi Dampak

Manfaat evaluasi dampak yaitu untuk mengetahui relevansi, efisiensi, efektifitas serta manfaat program dan menyempurnakan perancangan serta pelaksanaan program.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan tentang pengertian evaluasi dampak. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru