--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pancasila sebagai paradigma pembangunan

Pengertian Pancasila sebagai paradigma pembangunanPancasila sebagai paradigma pembangunan adalah/ Pancasila sebagai paradigma pembangunan yaitu/ Pancasila sebagai paradigma pembangunan merupakan/ yang dimaksud Pancasila sebagai paradigma pembangunan/ arti Pancasila sebagai paradigma pembangunan/ definisi Pancasila sebagai paradigma pembangunan.
Pancasila sebagai paradigma pembangunan yaitu

Istilah “Paradigma” dikembangkan oleh Thomas S. Kuhn dalam bukunya The Structure of Scientific Revolution. Paradigma dalam ilmu pengetahuan merupakan suatu asumsi dasar dan asumsi teoritis yang umum (yang merupakan sumber nilai), sehingga merupakan suatu sumber hukum, metode, serta penerapan dalam ilmu pengetahuan sehingga sangat menentukan sifat, ciri, dan karakter ilmu pengetahuan itu sendiri. Istilah tersebut kemudian berkembang dalam berbagai bidang kehidupan, seperti politik, hukum, ekonomi, budaya serta bidang lainnya.
Istilah paradigma kemudian berkembang menjadi terminologi yang secara konotatif berarti sumber nilai, kerangka berpikir, orientasi dasar, sumber asas, serta arah dan tujuan dari suatu perkembangan, perubahan serta proses dalam suatu bidang tertentu termasuk dalam bidang pembangunan reformasi, maupun pendidikan. Pancasila sebagai paradigma pembangunan berarti kegiatan atau usaha terencana bangsa Indonesia yang terus menerus dan berkesinambungan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik berdasarkan kerangka berpikir Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup.
Dan itulah sedikit yang bisa kami jelaskan tentang apa yang dimaksud Pancasila sebagai paradigma pembangunan, semoga apa yang saya jelaskan dapat bermanfaat.