Skip to main content

Pengertian Variabel Dependen dan Contohnya

Pengertian variabel dependen dan contohnya – Dalam melakukan sebuah penelitian, pastinya membutuhkan yang namanya variabel penelitian. Variabel penelitian merupakan sesuatu yang mencerminkan karakteristik populasi yang ingin ditelaah. Terdapat beberapa jenis variabel penelitian salah salah satu yang sering digunakan yaitu variabel dependen. Apa itu variabel dependen? Mungkin di antara teman-teman masih ada yang belum tahu dengan apa yang dimaksud variabel dependen? Jika ya, maka di sini teman-teman bisa menemukan jawaban tentang apa yang dimaksud dengan variabel dependen. Di sini kami akan menjelaskan tentang arti dari variabel dependen secara umum juga definisi variabel dependen menurut para ahli. Tidak hanya itu untuk lebih menambah pengetahuan kita di sini juga kami sertakan contoh variabel dependen. Oke langsung saja simak penjelasannya pengertian variabel dependen beserta contohnya berikut ini.

Pengertian Variabel Dependen dan Contohnya

Pengertian Variabel Dependen

Pengertian variabel dependen adalah variabel yang disebabkan/ dipengaruhi oleh adanya variabel bebas/ variabel independen. Karena itulah variabel dependen sering disebut dengan variabel terkait. Besarnya perubahan pada variable ini tergantung dari besaran variable bebas/ Independen. Variable Independen akan memberi peluang kepada perubahan variabel terkait/ dependen yaitu sebesar koefisien (besaran) perubahan dalam variabel independen. Maksudnya, setiap kali terjadi perubahan sekian satuan pada variabel independen, maka diharapkan akan mengakibatkan perubahan variabel dependen sekian satuan juga.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Variabel Dependen Menurut Ahli

Setelah memahami pengertian variabel dependen secara umum maka selanjutnya adalah pengertian variabel dependen menurut para ahli. Berikut ini penjelasan definisi variabel dependen menurut ahli.

  • Pengertian variabel dependen menurut Widiyanto (2013), mengemukakan bahwa variabel dependen adalah variabel yang keberadaannya dipengaruhi oleh variabel lain.
  • Pengertian variabel dependen menurut sugiyono (2016), bahwa variabel dependen yaitu variabel yang dipengaruhi atau variabel yang menjadi akibat karena adanya variabel independen.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Variabel Dependen

Contoh variabel dependen adalah sebagai berikut ini:

“Antara Kualitas layanan bank dengan jumlah penabung terdapat hubungan yang positif”
  • Kualitas layanan bank --> variabel independen (mempengaruhi).
  • Jumlah penabung --> variabel dependen (dipengaruhi).
"Hubungan prestasi kerja dengan produktifitas kerja karyawan"
  • Prestasi kerja --> variabel independen (mempengaruhi).
  • Produktifitas kerja --> variabel dependen (dipengaruhi).

Kunci untuk mengetahui jenis variabel tersebut adalah “mempengaruhi” untuk variabel independen dan “dipengaruhi” untuk variabel dependen.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang bisa kami jelaskan tentang pengertian variabel dependen dan contohnya. Semoga apa yang sudah kami tulis dalam penjelasan di atas pada blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar