Pengertian Katalis Heterogen

Pengertian katalis heterogen - Sebelum kita membahas tentang apa itu katalis heterogen, alangkah baiknya saya bahas terlebih dahulu pengertian katalis. Katalis yaitu senyawa kimia yang berfungsi untuk meningkatkan laju reaksi dengan cara menurunkan energi aktivasi yang dibutuhkan untuk mencapai keberadaan transisi. Katalis sendiri itu ada yang namanya katalis homogen dan katalis heterogen. Untuk katalis homogen silahkan baca artikel yang berjudul: Pengertian Katalis Homogen. Nah setelah sudah tahu tentang katalis, maka selanjutnya apa yang dimaksud dengan katalis heterogen? Seperti apa definisi katalis heterogen itu. Nah bagi kamu mungkin ada yang masih belum tahu maka dari itulah di sini kami akan menjelaskan tentang pengertian katalisator heterogen. Selain menjelaskan tentang pengertian katalis heterogen juga kami jelaskan tentang contoh katalis heterogen serta kelebihan dan kekurangan katalis heterogen.
Pengertian Katalis Heterogen

Pengertian Katalis Heterogen

Katalisis heterogen adalah suatu jenis katalisis di mana katalis menempati fase yang berbeda dari campuran reaksi. Atau Katalis heterogen adalah senyawa yang menempati fase yang berbeda atau tidak berada dalam fase yang sama dengan reaktan. Katalisis heterogen biasanya melibatkan penggunaan katalis padat yang ditempatkan dalam campuran reaksi cair atau gas. Dikarenakan katalis tersebut bisa mempercepat reaksi, kaitannya dengan teori tabrakan. Perlu diketahui bahwa berdasarkan teori tabrakan, molekul reaktan harus bertabrakan dengan orientasi yang sesuai. Pada dasarnya katalis bertindak seperti layaknya “polisi lalu lintas”, yang menyelaraskan molekul melalui cara yang sesuai sehingga akan lebih mudah untuk bercampur serta bereaksi.

Atau pengertian katalisator heterogen yaitu katalisator yang mempunyai fase tidak sama dengan zat yang dikatalis. Umumnya katalisator heterogen berupa zat padat. Banyak proses industri yang menggunakan katalisator heterogen, sehingga proses dapat berlangsung lebih cepat dan biaya produksi dapat dikurangi.

Contoh Katalis Heterogen

Katalis heterogen umumnya berupa zat padat yang terdiri atas logam atau oksida logam. Contoh katalis heterogen yaitu MgO, CaO, zeolit dan resin penukar ion.

Contoh katalis heterogen dalam industri – proses katalitik dengan menggunakan katalis heterogen dalam dunia industri yang pertama kalinya yaitu pada tahun 1957, dengan menggunakan Pt untuk mengoksidasi SO2 menjadi SO3 dalam larutan asam.

Kelebihan dan Kekurangan Katalis Heterogen


Kelebihan Katalis Heterogen
keunggulan katalis heterogen yaitu bisa dipisahkan dari campuran reaksi secara langsung, misalkan melalui cara penyaringan. Melalui cara ini, katalis bisa dengan mudah serta pulih secara efektif, yang merupakan pertimbangan yang penting untuk proses industri manufaktur.

Kelemahan Katalis Heterogen
kekurangan katalis heterogen ialah berhubungan dengan luas permukaan katalis yang tersedia. Sesudah permukaan katalis telah benar-benar jenuh dengan molekul reaktan, reaksi tidak bisa dilanjutkan hingga produk meninggalkan permukaan, serta ada ruang terbuka untuk molekul reaktan yang baru untuk menempel atau menyerap. Sebagai alasan ini kalau langkah adsorpsi dalam reaksi heterogen dikatalis yaitu seringkali langkah membatasi tingkat reaksi. Walaupun begitu, manfaat secara menyeluruh katalis heterogen seringkali melebihi kekurangannya, dalam reaksi dikatalisis masih jauh lebih cepat dibanding dengan raksi yang tidak dikatalisis.

Demikianlah yang bisa kami bagikan tentang apa pengertian katalis heterogen. Semoga penjelasan yang ada dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru