Skip to main content

Pengertian Katalis Homogen

Pengertian katalis homogen - Sebelum membahas tentang apa itu katalis homogen, maka di sini kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang pengertian katalis. Katalis yaitu sebuah zat yang dapat mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami suatu perubahan atau terpakai oleh reaksi itu sendiri. Katalis bisa dikelompokkan menjadi katalis homogen dan katalis heterogen. Untuk katalis homogen akan kami bahas dalam artikel ini sedangkan untuk katalis heterogen bisa anda baca dalam artikel yang berjudul: Pengertian katalis heterogen. Sekarang apa yang dimaksud katalis homogen? Mungkin diantara teman-teman ada yang belum tahu arti katalis homogen. Untuk itulah di sini kami akan menjelaskan tentang definisi katalis homogen. Selain membahas tentang pengertian katalisator homogen/ katalis homogen, juga akan kami bahas tentang kegunaan katalis homogen, contoh katalis homogen, kelebihan dan kekurangan katalis homogen, beserta perbedaan katalis homogen dan heterogen. Silahkan anda pahami dengan baik penjelasannya berikut ini.
Pengertian Katalis Homogen

Pengertian Katalis Homogen

Katalis homogen adalah sebuah jenis dari katalis di mana katalis tersebut menempati fase yang sama dengan reaktan. Atau Katalis homogen yaitu senyawa yang terdapat dalam fase yang sama (cair atau gas) sebagai reaktan.

Atau katalisator homogen ialah katalisator yang mempunyai fase sama dengan zat yang dikatalisis. Contohnya besi (III) klorida pada reaksi penguraian hidrogen peroksida menjadi air dan gas oksigen menurut persamaan berikut.
pengertian katalisator homogen

Kegunaan Katalis Homogen

Fungsi katalis homogen yaitu dapat digunakan dalam berbagai aplikasi industri, sebab dapat memungkinkan untuk peningkatan laju reaksi tanpa adanya peningkatan suhu.

Contoh Katalis Homogen

Contoh katalis homogen yaitu katalis enzimatik, katatlis organologam, dan katalis asam. Yang paling sering terjadi yaitu katalis homogen melibatkan pengenalan katalis fase cair ke dalam larutan reaktan. Dalam hal itu, asam dan basa sering katalis sangat efektif, sebab mereka bisa mempercepat reaksi dengan cara mempengaruhi polarisasi ikatan.

Kelebihan dan Kekurangan Katalis Homogen

Kelebihan katalis homogen yaitu katalis ini lebih cepat bercammpur ke dalam sebuah campuran reaksi, yang bisa memungkinkan tingkat yang sangat tinggi dari interaksi antar molekul katalis dan reaktan. Kekurangan katalis homogen yaitu sering tidak dapat kembali ke dalam bentuk semula pada saat reaksi telah berjalan hingga selesai.

Perbedaan Katalis Homogen dan Heterogen

Apa perbedaan antara katalis homogen dan katalis heterogen? Inilah perbedaan katalis homogen dengan katalis heterogen:
  • Katalis homogen menempati fase yang sama dengan campuran reaksi, sedangkan untuk katalis heterogen menempatai fase yang tidak sama (fase yang berbeda).
  • Katalis homogen dapat memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih besar pada campuran reaksi dibanding dengan katalis heterogen.

Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang pengertian katalis homogen. Semoga penjelasan yang ada dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar