Pengertian Konjungsi Antar Paragraf

Advertisement
Pengertian konjungsi antar paragraf – Konjungsi merupakan kata sambung atau kata penghubung. Kata penghubung itu termasuk kata tugas yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan antar klausa, antar kalimat atau antar paragraf. Konjungsi tidak dihubungkan dengan objek serta tidak menerangkan kata. Dalam bahasa Indonesia terdapat beberapa macam konjungsi diantaranya yaitu: konjungsi antar klausa, konjungsi antar kalimat, dan konjungsi antar paragraf. Nah yang menjadi pertanyaan di sini tahukah kamu apa yang dimaksud dengan konjungsi antar paragraf? Untuk kamu yang masih belum tahu tentang definisi konjungsi antar paragraf, maka di sini kami akan menjelaskan tentang pengertian konjungsi antar paragraf beserta contohnya. Berikut ini penjelasan tentang pengertian konjungsi antar paragraf dan contohnya.
Pengertian Konjungsi Antar Paragraf

Pengertian Konjungsi Antar Paragraf

Konjungsi antar paragraf merupakan kata hubung atau konjungsi yang menghubungkan atara satu paragraf dengan paragraf yang lain. Konjungsi ini berguna untuk menjadikan sebuah paragraf coherent, unity serta sistematis.

Konjungsi antar Paragraf adalah konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan paragraf tempat konjungsi itu dipakai dengan paragraf sebelumnya. Konjungsi antarparagraf pada umumnya terletak pada awal paragraf. Macam-macam konjungsi antarparagraf, seperti adapun, akan hal, mengenal, dalam pada itu, alkisah, arkian, sebermula, atau syahdan.

Macam macam Konjungsi Antar Paragraf

Berikut ini adalah macam macam konjungsi antar paragraf yang sering digunakan:
  • Disamping …
  • Terlebih lagi …
  • Oleh karena itu …
  • Tak hanya sebagai …
  • Adapun ...
  • Berdasarkan …
  • Selain itu ...
  • Akan hal ...

Contoh Konjungsi Antar Paragraf:

Untuk lebih memahaminya berikut ini kami berikan contoh kalimat konjungsi antar paragraf.

Sejak kecil ani adalah anak yang periang. Dia sangat senang bermain-main dengan ibu dan ayahnya. Meskipun anak tunggal, Ani tidak pernah manja. Dia selalu membantu pekerjaan ibunya tanapa di suruh. Namun kini semua hanya tinggal kenangan. Semua kebahagiaan tersebut telah terenggut darinya.Semua itu disebabkan karena kecelakaan.

Terlebih lagi, bukan hanya ibunya saja yang pergi tetapi ayahnya juga. Hanya Ani yang dapat diselamatkan. Beruntung Ani bisa dikeluarkan dari mobilnya, sebelum mobil tersebut meledak.

Berdasarkan cerita dari warga, tiba-tiba mobil oleng kemudian jatuh ke jurang yang dalam. Warga yang ada di sekitar kejadian tersebutsegera menolongnya. Namun posisi Ibu dan Ayah Ani yang terjepit membuatnya susah untuk dievakuasi.

Contoh Paragraf Dengan Konjungsi Antar Paragraf

Burung merupakan hewan yang sangat banyak dijumpai. Di dunia ini hampir setiap tempat dapat kita jumpai berbagai macam burung misalnya di hutan, di desa maupun di perkotaan. Bahkan burung juga ada di padang pasir. Hal tersebut dikarenakan burung dapat beradaptasi dengan lingkunganya dengan baik.

Selain itu, burung juga mempunyai tingkat reproduksi yang cukup baik. Setiap induk burung setiap kali bereproduksi umumnya dapat menghasilkan empat atau lebih butir telur.

Terlebih lagi, burung juga berguna sekali bagi manusia sebagai hewan peliharaan, selain itu juga sebagai bahan makanan dan yang lain-lain. Tidak heran kalau burung merupakan hewan yang sering dikembangbiakkan oleh manusia.

Oleh karena itu, di dunia ini populasi burung tetap terjaga dan sulit mengalami kepunahan. Hal itu mungkin dikarenakan adaptasi terhadap lingkungan yang baik, reproduksinya yang baik, dan banyak manusia yang mengembangbiakkan burung.

Itulah penjelasan dari kami tentang apa Pengertian Konjungsi Antar Paragraf. Mudah-mudahan apa yang kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini bisa dipahami dengan baik.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru