Pengertian Neoprena

Advertisement
Pengertian Neoprena - Istilah neoprena/ neoprene bisa jadi merupakan istilah yang begitu asing bagi kita. Neoprena yang juga disebut dengan polikloroprena ini mempunyai berbagai keuntungan dalam penggunaannya. Pada tulisan kali inilah kami akan menguraikan secara mendalam tentang apa itu neoprene. Tahukah kamu apakah neoprene itu? Nah bagi kamu yang belum tahu maka di sini kami akan menjelaskan tentang definisi neoprene. Selain itu dalam tulisan ini juga akan kami jelaskan tentang sifat neoprena dan kegunaan neoprena. Berikut ini penjelasannya, silahkan dibaca dan dipahami agar mengerti tentang apa yang kami tuliskan dalam artikel ini. Selamat membaca.
Pengertian Neoprena

Pengertian Neoprena

Dalam ilmu kimia kita sering mengenal istilan Neoprena, namun tahukah anda apa yang dimaksud Neoprena itu? Neoprena adalah karet buatan yang tersusun atas monomer 2-kloro-1, 3-butadiena. Neoprena bersifat tahan terhadap bensin, minyak tanah, dan lemak sehingga digunakan untuk membuat selang karet, sarung tangan, sol sepatu, dan sebagainya.

Neoprena yaitu sebuah polimer dari kloroprena. Hal tersebut disebut dengan Polyikloroprena. Untuk melakukan sintesis Neoprena dibutuhkan monomer kloroprena. Kloroprena yang dibutuhkan dalam proses ini disintesis dari Vinilasetilena yang melakukan penambahan Markonikov pada kondisi asam untuk menghasilkan kloroprena.
Pengertian Neoprena

Vinilasetilena yang dibutuhkan dalam reaksi tersebut disiapkan oleh dimerisasi asetilena dengan melalui larutan Amonium Klorida dan Tembaga klorida pada suhu 343 K.
Pengertian Neoprena

Kloroprena yang didapat mengalami Polimerisasi  untuk memberikan Neoprena. Walaupun tidak terdapat katalis yang spesifik yang diperlukan dalam proses ini namun polimerisasi menjadi lebih cepat melalui adanya peroksida atau oksigen.
Pengertian Neoprena

Keterangan: Polimerisasi Kloroprena yaitu 700 kali lebih cepat dari Isoprena.

Sifat Neoprena
Sifat neoprena yaitu tahan terhadap cuaca atu shu, lemak, minyak tanah, rendaman air, pelarut atau solvent dan bensin sehingga digunakan untuk membuat sol sepatu, sarung tangan, selang karet dan lain-lain.

Kegunaan Neoprena
Kegunaan dari neoprena yaitu untuk pembuatan selang, sarung tangan yang berbahan dasar karet, tumit sepatu, gasket, sumbat, ban berjalan serta pencetakan rol dan lain-lain. Hal ini juga dipakai untuk isolator.

Itulah sedikit yang dapat kami berikan tentang Pengertian Neoprena. Semoga penjelasan yang terdapat dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru