Pengertian Seleksi Pegawai

Advertisement
Pengertian seleksi pegawai – Jelaskan pengertian seleksi pegawai? Tahukah kamu apa itu seleksi pegawai? Sebuah perusahaan atau pabrik atau tempat kerja, dalam penerimaan pegawai atau karyawan ada yang namanya seleksi pegawai. Seperti apa yang dimaksud dengan seleksi pegawai itu? Bisakah kamu menjelaskan apa yang dimaksud seleksi pegawai? Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud seleksi pegawai agar nantinya bagi kamu yang belum bisa menjelaskan arti seleksi pegawai, bisa menjelaskannya. Di sini juga kami sampaikan beberapa pengertian seleksi pegawai menurut para ahli, tujuan seleksi pegawai dan juga kriteria-kriteria seleksi pegawai. Oke langsung saja simak penjelasannya, silahkan baca sampai selesai.
Pengertian Seleksi Pegawai

Pengertian Seleksi Pegawai

Seleksi pegawai adalah proses yang dengannya perusahaan dapat memilih dari sekelompok pelamar yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada saat ini. Prosesnya dimulai ketika pelamar melamar kerja dan diakhiri dengan keputusan penerimaan. Dalam praktiknya, proses seleksi tergantung pada 3 masukkan yang bermanfaat, yaitu analisis pekerjaan, perencanaan SDM, dan rekruitmen. Dalam hal ini, informasi analisis pekerjaan memberikan deskripsi pekerjaan, spesifikasi pekerjaan, dan standar kinerja yang dituntut oleh suatu pekerjaan. Perencanaan SDM mengidentifikasikan pekerjaan dengan cara yang logis dan efektif. Selanjutnya akan terbentuk sekumpulan pelamar yang kemudian akan diseleksi.

Pengertian Seleksi Pegawai Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian seleksi pegawai menurut beberapa ahli:
  • Pengertian seleksi pegawai menurut Dale Yoder (1981), seleksi pegawai yaitu sebuah proses ketika calon pegawai atau karyawan dibagi menjadi 2 bagian yaitu yang diterima dan yang ditolak.
  • Pengertian seleksi pegawai menurut Mathis dan Jackson (2006, 261), seleksi adalah proses pemilihan orang-orang yang mempunyai kualifikasi yang diperlukan untuk mengisi lowongan pekerjaan di sebuah organisasi.
  • Pengertian seleksi pegawai menurut (2008, 48), proses seleksi yaitu usaha dalam menjaring dari mereka yang dianggap nilainya dapat menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang telah ditawarkan, mereka dianggap bisa memperhatikan unjuk kerja yang diharapkan oleh para pemimpin organisasi.
  • Pengertian seleksi pegawai menurut Veithzal Rivai (2008, 170), seleksi pegawai adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan sesudah proses rekrutmen seleksi dilakukan. Hal tersebut berarti sudah terkumpul sejumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk selanjutnya dipilih mana yang bisa ditetapkan sebagai pegawai dalam sebuah perusahaan. Proses pemilihan tersebut disebut seleksi.

Tujuan Seleksi Pegawai

Tujuan seleksi pegawai menurut Nitisemito (1996:36) yaitu “The Right Man In The Right Place”. Maksudnya yaitu dalam proses seleksi peruhsaan harus bisa mendapatkan tenaga kerja yang tepat di dalam posisi yang tepat.

Tujuan seleksi pegawai adalah sebagai berikut ini:
  • Menjamin sebuah perusahaan mempunyai pegawai atau karyawan yang tepat untuk sebuah jabatan pekerjaan.
  • Mengevaluasi dalam mempekerjakan serta menempatkan pelamar pekerjaan sesuai dengan minat.
  • Memastikan keuntungan investasi SDM perusahaan.
  • Memperlakukan seorang pelamar dengan adil dan meminimalisir terjadinya deskriminasi.
  • Memperkecil adanya tindakan buruk pegawai atau karyawan yang semestinya tidak diterima.

Kriteria kriteria Seleksi Pegawai

Kriteria-kriteria seleksi biasanya terdiri atas beberapa kategori, yaitu pendidikan, penglamar kerja, kondisi fisik, karakteristik kepribadian.
  • Pendidikan formal, dimana perusahaan cenderung menetapkan syarat minimal pendidikan formal dan jenis pendidikan, misal untuk jabatan akuntan, kriteria pendidikannya adalah sarjana akuntansi.
  • Pengalaman kerja, dimana pengalaman dianggap sebagai indikator yang baik untuk mengukur kemampuan dan sikap yang terkait dengan pekerjaan.
  • Karakteristik fisik, artinya karakteristik yang berhubungan secara langsung dengan efektivitas kerja. Misalnya ketajaman penglihatan sebagai kriteria seorang pilot pesawat.
  • Karakteristik kepribadian dan tipe kepribadian. Karakteristik pribadi meliputi statusnya, usia. Tipe kepribadian merujuak pada sikap yang dimiliki seseorang dalam hal berkomunikasi, bersosialisasi, bekerja sama, ketekunan terhadap tugas, kemandirian dan penyesuaian diri.

Demikian penjelasan tentang pengertian seleksi pegawai. Semoga penjelasan yang kami tulis pada blog temukan pengertian bisa memberi manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru