Skip to main content

Pengertian Net Profit Margin

Pengertian net profit margin – Dalam akuntansi ada yang namanya net profit margin. Apa itu net profit margin? Sudah tahukah kamu dengan apa yang dimaksud net profit margin? Mungkin diantara kamu masih ada yang belum tahu atau mungkin tahu tapi lupa tentang apa yang dimaksud dengan net profit margin. Maka dari itulah pada pembahasan kali ini kami akan menguraikan tentang arti dari net profit margin. Tidak hanya definisi net profit margin secara umum saja, di sini juga kami sertakan pengertian net profit margin menurut para ahli. Selain itu untuk menambah pengetahuan kita, juga kami jelaskan tentang rumus net profit margin, contoh perhitungan net profit margin dan analisi penilaian net profit margin. Silahkan di baca dan dipahami penjelasannya berikut ini.
Pengertian Net Profit Margin

Pengertian Net Profit Margin

Net profit margin (margin laba bersih) merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur laba bersih sesudah pajak lalu dibandingkan dengan volume penjualan. Atau pengertian net profit margin adalah rasio profitabilitas yang dipakai untuk mengukur persentase laba bersih pada suatu perusahaan terhadap penjualan bersihnya. Net profit Margin ini menunjukan proposisi penjualan yang tersisa sesudah dikurangi seluruh biaya yang terkait. Net profit margin ini juga sering disebut dengan sebutan Profit Margin Ratio atau Rasio Marjin Laba.

Biasanya bagi investor, net profit margin dipakai untuk mengukur sampai seberapa efisienkah manajemen mengelola perusahaannya dan memprediksi profitabilitas masa depan perusahaan berdasarkan peramalan penjualan yang dibuat oleh manajemennya. Dengan cara membandingkan antara laba bersih dengan total penjualan, maka investor bisa melihat seberapa besar persentase pendapatan yang digunakan untuk membayar biaya operasional dan juga biaya non operasional serta beberapa persentase yang tersisa yang bisa membayar dividen kepada para pemegang saham ataupun berinvestasi kembali pada perusahaannya.

Pengertian Net Profit Margin Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi net profit margin menurut para ahli:
  • Pengertian net profit margin menurut Alexandri (2008 : 200) adalah rasio yang dipakai untuk menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam hal menghasilkan keuntungan bersih sesudah dipotong pajak.
  • Pengertian net profit margin menurut Kasmir (2008 : 200), menyebutkan bahwa net profit margin adalah ukuran keuntungan yang membandingkan antara laba sesudah bunga dan pajak dibandingkan dengan penjualan. Rasio ini juga dibandingkan dengan rata-rata industri. Rasio ini menunjukkan bahwa pendapatan bersih perusahaan atas penjualan.
  • Pengertian net profit margin menurut Sutrisno (2009 : 222) yaitu kemampuan perusahaan untuk dapat menghasilkan keuntungan dibandingkan dengan penjualan yang capai.
  • Pengertian net profit margin menurut Werner R. Murhadi (2013 : 64) yaitu mencerminkan kemampuan suatu perusahaan dalam memperoleh laba neto dari setiap penjualannya. Jika semakin tinggi nilai net profit margin, maka itu menunjukkan semakin baik.

Rumus Net Profit Margin

Net Profit Margin ratio bisa dihitung melalui cara membagi laba bersih dengan total penjualan. Rumus mencari net profit margin adalah sebagai berikut ini.
Net Profit Margin = Net Profit/ Net Sales
Keterangan:
  • Net Profit Margin = Marjin laba bersih
  • Net Profit = Laba bersih setelah pajak
  • Net Sales = Pendapatan penjualan bersih

Contoh Perhitungan Net Profit Margin

Selanjutnya kami berikan contoh soal dan jawaban net profit margin untuk menambah pemahaman tentang net profit margin. Berikut ini adalah contoh menghitung net profit margin:

Menurut laporan per 31 Desember 2018, net sales (pendapatan penjualan bersih) PT. XYZ yaitu sebesar Rp. 27.063.310.000.000. Sedangkan net profit (laba bersih setelah pajak) perusahaan ini yaitu sebesar Rp. 2.064.650.000.000. Maka berapakah Net Profit Margin (marjin laba bersih) PT. XYZ ini?

Diketahui:
Net sales= Rp. 27.063.310.000.000
Net Profit after tax = Rp. 2.064.650.000.000
Net Profit margin?

Jawaban:
Net Profit Margin = Net Profit/ Net Sales
Net Profit Margin = Rp. 2.064.650.000.000 / Rp. 27.063.310.000.000
Net Profit Margin = 7,63%
Jadi Net Profit Margin PT. XYZ adalah sebesar 7,63%

Analisis Penilaian Net Profit Margin

Tujuan dari perhitungan net profit margin yaitu untuk mengatur tingkat keberhasilan keseluruhan bisnis suatu perusahaan. Net profit margin yang tinggi itu menunjukkan kalau perusahaan dalam menetapkan harga produknya benar dan berhasil mengendalikan biaya dengan baik. Rasio net profit margin akan sangat berguna jika membandingkan profitabilitas pesaing industri yang sama karena mempunyai lingkungan bisnis dan basis pelanggan yang sama dan mempunyai struktur biaya yang hampir sama juga. Umumnya walaupun tergantung dari jenis industri dan struktur bisnisnya, net profit margin dengan persentase lebih dari 10% maka sudah dianggap sangat baik.

Itulah apa yang dapat saya jelaskan tentang pengertian net profit margin. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian tersebut bisa memberikan manfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar