Pengertian Reaksi Pengendapan

Advertisement
Advertisement
Pengertian reaksi pengendapan - Dalam pelajaran kimia ada yang namanya reaksi pengendapan. Teman-teman, sudah tahukah kamu seperti apa definisi reaksi pengendapan? Mungkin teman-teman sudah ada yang tahu seperti apa itu reaksi pengendapan. Namun pastinya ada pula diantara teman-teman yang belum tahu seperti apa yang dimaksud reaksi pengendapan. Untuk itulah di sini kami akan menjelaskan reaksi pengendapan agar bisa memahami seperti apa itu reaksi pengendapan. Tak hanya itu di sini kami juga sertakan penjelasan tentang reaksi kimia pengendapan dan macam macam warna endapan. Yang belum tahu silahkan dibaca dan dipahami sampai selesai ya.
Pengertian Reaksi Pengendapan

Pengertian Reaksi Pengendapan

Reaksi pengendapan adalah sebuah jenis reaksi yang bisa berlangsung dalam cairan, misalnya air. Sebuah reaksi bisa dikatakan reaksi pengendapan jika reaksi tersebut menghasilkan suatu endapan. Endapan yaitu sebuah zat padat yang tidak larut dalam cairan tersebut. Atau reaksi pengendapan yaitu sebuah reaksi pembentukan padatan dalam larutan/ di dalam padatan lain selama reaksi kimia. Pengendapan juga bisa terjadi dikarenakan difusi dalam padatan. Pada saat reaksi terjadi dalam larutan cair, terbentuklah padatan disebut sebagai endapan. Bahan kimia yang menyebabkan terjadinya padatan disebut dengan pengendap. Tanpa adanya kekuatan energi gravitasi yang cukup untuk membawa bersama-sama partikel padat ke bawah, maka endapan akan tetap sebagai suspensi. Sesudah terjadi sedimentasi, endapan bisa disebut pelet. Cairan yang sudah tidak memiliki endapan disebut supernatant. 

Penjelasan Pengendapan

Penjelasan tentang pengendapan, pengendapan bisa terjadi apabila konsentrasi senyawa melebihi kelarutan. Pengendapan bisa terjadi secara cepat dari larutan jenuh. Pengendapan erat hubungannya dengan hasil kali kelarutan (Ksp). Pengendapan dalam padatan, terjadi apabila konsentrasi salah satu padatan berada di atas batas kelarutan. Pengendapan padatan sering dipakai untuk mensisntesis nanoclusters. Tahapan penting dalam proses presipitasi yaitu nukleasi. Pembentukan partikel padatan yaitu meliputi pembentukan antarmuka, yang membutuhkan beberapa energi yang didasarkan pada energi permukaan relatif larutan atau padatan. Apabila tidak, maka akan timbul kejenuhan.

Reaksi Kimia Pengendapan

Contoh reaksi kimia pengendapan yaitu pada saat larutan perak nitrat (AgNO3) ditambahkan ke dalam larutan yang di dalamnya terkandung kalium klorida (KCl). Maka dapat terbentuk endapan putih perak klorida (AgCl).
AgNO3 (aq) + KCl (aq) -> AgCl (s) + KNO3 (aq)
Reaksi ini bisa ditulis dengan menekankan pada disosiasi ion. Hal tersebut dikenal dengan persamaan ion.
Ag+ (aq) + NO3- (aq) + K+ (aq) + Cl- (aq) -> AgCl (s) + K+ (aq) + NO3- (aq)
Sebuah cara yang digunakan untuk menjelaskan reaksi endapan disebut dengan reaksi ion bersih. Setiap ion pendukung dalam hal ini tidak berperan terhadap reaksi atau akan dihilangkan. Persamaan di atas bisa disederhanakan menjadi persamaan berikut ini.
Ag+ (aq) + Cl- (aq) -> AgCl (s)

Macam macam Warna endapan

Senyawa-senyawa yang mengandung ion logam menghasilkan suatu endapan dengan warna yang berbeda-beda. Warna-warna endapan ion logam tersebut yaitu sebagai berikut ini.
Senyawa
Warna
Nikel
Hijau
Mangan
Merah muda pucat
Besi (III)
Coklat kemerahan
Besi (II)
Hijau
Tembaga
Biru
Kobalt
Warna merah muda
Krom
Coklat, kuning, ungu, orange, hijau keruh, hijau tua
Emas
Orange

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis dalam blog temukan pengertian tentang pengertian reaksi pengendapan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru