--> Skip to main content
Menu

Pengertian Planet Merkurius dan Ciri-cirinya

Pengertian Planet Merkurius dan Ciri-cirinya - Dalam materi ini, uraian tentang Planet Merkurius meliputi: pengertian planet merkurius, ciri-ciri planet merkurius, karakteristik planet merkurius, dan gambar planet merkurius. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya tentang Planet Merkurius, silahkan disimak samapai selesai.

Pengertian Planet Merkurius dan Ciri-cirinya
Gambar Planet Merkurius

Pengertian Planet Merkurius

Planet adalah planet yang berbatu dengan permukaan yang tampak seperti bulan. Planet Merkurius dipenuhi bukit, kawah, dan lekukan-lekukan besar seperti jurang. Planet Merkurius merupakan planet kecil yang ukuran diameternyasekitar 4.880 km. Jarak planet merkurius dengan matahari sekitar 58 juta km. Jarak tersebut menjadikan planet merkurius berada paling dekat dengan matahari.

Planet ini di dalam sistem tata surya termasuk dalam kategori planet dalam. Ukuran planet merkurius yang sangat kecil, membuat gravitasi planet merkurius hanya sepertiga kali gravitasi bumi. Planet merkurius merupakan panet yang terlihat paling terang dari bumi, terkadang planet ini tampak dri bumi seperti titik kecil ketika fajar menyingsing atau matahari terbenam. Karena itulah planet merkurius mempunyai julukan bintang pagi dan bintang senja. Coba kamu perhatikan gambar planet merkurius berikut ini:

Pengertian Planet Merkurius dan Ciri-cirinya
Gambar Permukaan Planet Merkurius

Rotasi planet merkurius tergolong sangat lambat, yaitu membutuhkan waktu kurang lebih 59 hari. Tetapi dalam revolusi mengelilingi matahari planet ini tergolong cepat memerlukan waktu hanya sekitar 88 hari dengan kecepatan edar 4,2 km/jam. Bagian sisi planet merkurius yang berhadapan dengan matahari sangat panas, suhunya mencapai 420 derajat celcius. Sisi yang lainnya sangat dingin dengan suhu berkisar -180 derajat celcius. Suhu yang seperti itulah membuat planet ini sulit untuk mempunyai atmosfer. Di planet merkurius ini juga tidak terdapat satelit.

Ciri karakteristik planet merkurius

Melalui uraian di atas, maka planet merkurius bisa disimpulkan mempunyai ciri-ciri dan karakteristik dari planet Merkurius sebagai berikut ini:

  • Planet merkurius tersusun atas batu, berbukit, berkawah dan berlembah.
  • Planet Merkurius merupakan planet terkecil yang letaknya paling dekat dengan matahari.
  • Planet merkurius mempunyai kecepatan edar 4,2 km/ detik.
  • Waktu yang diperlukan untuk rotasi planet merkurius 59 hari dan waktu yang diperlukan untuk revolusi yaitu 88 hari.
  • Di planet merkurius suhu terpanas mencapai 420 derajat celcius dan suhu terdingin mencapai -180 derajat celcius.
  • Planet merkurius tidak memiliki satelit.

Lihat juga artikel tentang: Pengertian Planet Saturnus

Semoga uraian tentang Pengertian Planet Merkurius dapat menambah pengetahaun kita.