--> Skip to main content

Wajib Tahu! Begini Tips Perawatan Mobil Suzuki

Perawatan mobil perlu dilakukan agar kendaraan tersebut memiliki performa yang bagus saat digunakan. Hal ini berlaku untuk seluruh merk mobil, termasuk Suzuki. Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan mobil Suzuki yang wajib diketahui.

Tips Perawatan Mobil Suzuki

Menjaga Dari Jamur

Jamur biasanya akan menempel di bodi mobil akibat adanya debu yang menempel atau cipratan air di jalanan. Bodi mobil akan menjadi tidak berkilau lagi apabila jamur yang menempel tersebut tidak segera dibersihkan.

Cara untuk menjaga mobil dari jamur cukup mudah, yaitu pastikan kondisi kendaraan selalu kering. Mobil harus segera dibersihkan agar bodinya kembali kering setelah terkena guyuran hujan. Di samping itu, tutup mobil menggunakan sarung khusus saat kendaraan sedang tidak digunakan.

Merawat Jok Mobil

Perawatan jok mobil dapat dilakukan dengan cara memastikannya tetap terlihat bersih. Lap secara berkala bagian jok mobil agar tidak ada debu yang menempel di permukaannya. Di samping itu, bersihkan pula jok menggunakan vacuum cleaner untuk memastikan tidak ada debu di sela-selanya.

Apabila jok mobil berbahan kain, pastikan bahwa Anda tidak menumpahkan cairan di atasnya karena bisa meresap ke dalam. Segera lap cairan yang tumpah di atas jok agar tidak menimbulkan bercak yang bisa mengakibatkan jamur menempel.

Menjaga Kebersihan Kapet

Posisinya yang berada di bawah pasti membuat karpet mobil menjadi cepat kotor karena selalu diinjak. Karpet mobil perlu dibersihkan secara berkala agar tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Membersihkan karpet secara berkala juga perlu dilakukan agar kotoran yang menempel tidak tebal.

Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan karpet mobil adalah dengan mencucinya secara rutin. Apabila karpet terbuat dari bludru, maka proses pembersihan harus dilakukan lebih ekstra karena biasanya kotoran yang menempel sulit untuk hilang.

Merawat Kaca

Kaca merupakan bagian mobil yang rawan mengalami goresan atau tertempel debu. Cara untuk membersihkannya adalah melakukan pengelapan secara rutin. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada debu dan jamur yang menempel akibat cipratan air ke kaca.

Perlengkapan yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil Suzuki sebaiknya berupa cairan khusus. Di samping itu, gunakan pula kain yang bahannya halus agar tidak menimbulkan goresan. Anda juga bisa memasang stiker bening sebagai pelindung tambahan untuk kaca mobil.

Merawat Dashboard Mobil

Bagian dashboard mobil dilengkapi dengan pelapis yang harus dijaga kebersihannya agar dapat bertahan lama. Cara untuk membersihkan bagian ini bisa dilakukan dengan mengelapnya dengan cairan pembersih mobil.

Perawatan dashboard perlu dilakukan secara rutin karena bagian ini juga rawan tertempel oleh debu yang membandel. Dashboard yang dalam kondisi kotor bahkan tidak segera dibersihkan ketika terkena air akan membuat pelapisnya cepat rusak.

Hal lainnya untuk merawat bagian ini adalah tidak meletakkan sembarang benda di atasnya. Pastikan bahwa benda yang diletakkan di atas dashboard tidak menimbulkan goresan. Pastikan pula lap yang digunakan untuk membersihkannya selalu dalam keadaan kering.

Mencuci Mobil

Merawat mobil suzuki dengan mencucinya merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Mencuci mobil akan membersihkan seluruh bagian eksteriornya, sehingga tidak akan ada lagi debu yang menempel.

Pastikan bahwa Anda menyiapkan shampo khusus agar noda yang menempel bisa hilang dengan sempurna. Di samping itu, siapkan 2 jenis kain lap, yaitu basah dan kering agar bisa memaksimalkan proses pembersihan debu.

Saat mencuci mobil Anda bisa membersihkan area interiornya, seperti bagian dashboard, karpet, dan joknya. Cuci mobil secara rutin, terutama jika setelah terguyur hujan agar tidak ada noda membandel yang menempel.

Menjaga Kebersihan Ruang Mesin

Kebersihan ruang mesin perlu diperhatikan untuk menjaga komponen di dalamnya agar bisa bekerja secara optimal. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga komponen ini adalah dengan membawanya ke bengkel sekaligus mengecek kondisi mesin lainnya.

Saat membersihkan komponen ini Anda juga bisa mengontrol bagian mesin lainnya untuk memastikan kondisinya baik-baik saja. Mesin yang dalam keadaan prima akan membuat mobil lebih nyaman saat dikendarai.

Sudah paham bukan bagaimana tips perawatan mobil suzuki yang benar agar kondisinya tetap prima? Perawatan mobil perlu dilakukan secara rutin, baik untuk bagian interior maupun eksteriornya.

Buka Komentar
Tutup Komentar